Monday, February 21, 2011

Volkswagen "Serbu" Asia Dibantu Suzuki


Kekekehan Volkswagen AG (VW) mengakuisisi 2,5 miliar dollar AS atau 20 persen saham Suzuki Motor Corporation (SMC) yang dilakukan tahun lalu, ternyata punya strategi khusus. Prinsipal asal Jerman ingin memasarkan A-Star dengan merek baru di India dan negara Asia.

Salah seorang sumber dari VW, seperti dilansir economic times, hari ini (22/2) mengatakan, beberapa modifikasi akan dilakukan baik dari interior atau eksterior. "Tetap akan ada perubahan pada desain dasar meski spesifikasi teknis masih mirip."

Dalam kesepakatan tersebut, Suzuki menyetujui memasok A-Star ke VW untuk dipasarkan menggunakan merek dagang lain. Sama seperti Nissan yang juga pakai A-Star untuk pasar Eropa dengan nama Pixo. Maruti dan VW dikabarkan saling mendukung agar tercipta sebuah produk yang sesuai dengan permintaan pasar global.

Maruti sendiri memasarkan A-Star di pasar domestik dan mengekspor unit ke negara lain dengan nama Alto yang dipasok dari pabrik Manesar, Haryana, India. A-Star merupakan produk yang diciptakan SMC khusus menggarap negara-negara berkembang dengan menetapkan standar tertentu, termasuk pengujian tabrak (test crash), tingkat emisi gas dan peraturan lingkungan. (Kompas)

No comments:

Post a Comment