Tuesday, February 22, 2011

Rakit Cajun, VW Suntik 500 Juta Euro


Volkswagen AG (VW) menyiapkan dana sedikitnya 500 juta euro atau Rp6,059 triliun untuk meningkatkan kapasitas produksi di pabrik Leipzig, Jerman. Dana tersebut juga digunakan untuk merakit sport utility vehicle (SUV) kompak Porsche Cajun mulai 2013.

Kepala Produksi VW Michal Macht seperti dikutip automobilwoche, kemarin (22/2) mengatakan, pabrik Leipzig punya kesempatan bagus di berbagai sisi untuk mendapatkan investasi tambahan karena kapasitasnya sudah penuh. Terus, meningkatnya permintaan pasar, tak ada cara lain bagi VW selain menambah kapasitas produksi.

Sementara itu, komentar Michael Macht di atas menyinggung Ketua Serikat Pekerja Uwe Hueck dan menyatakan, Macht terlalu turut campur dalam strategi perusahaan dengan menghembuskan isyu-isyu tak jelas, terutama terkait produksi Cajun. "Chief Executive Officer VW itu Matthias Mueller, bukan Michael Macht. Pernyataan Macht akan menambah kesulitan bagi kami dalam membuat negosiasi baru," jelas Hueck.

Dewan direksi Porsche akan mengadakan pertemuan di Weissach, dekat Stuttgart, 15 Maret 2011 untuk memutuskan di mana lokasi perakitan Cajun. Porsche dan VW masing-masing masih menjadi perusahaan terpisah, tapi keduanya memang punya niat bergabung. (Kompas)

No comments:

Post a Comment