Wednesday, February 16, 2011

Bentley Continental, Tercepat di Lintasan Es


Produsen mobil mewah asal Inggris, Bentley, berhasil memecahkan rekor dunia sebagai mobil tercepat yang dapat berlari di atas lapisan es.

Rekor yang baru saja diraih dengan menggunakan mobil Continental SuperSports Convertible yang dikemudikan juara dunia reli empat kali Juha Kankkunen ini, berhasil membubukan angka kecepatan hingga 330.695 km/jam (205,48 mph).

Pemecahan rekor itu sendiri dilakukan di perairan beku Laut Baltik lepas pantai Finlandia. Dengan bantuan tim sendiri yang berpengalaman dan insinyur Bentley, Kankkunen berhasil mengatasi tantangan dalam suhu serendah minus 30 derajat, dan gangguan crosswinds (angin samping) yang berbahaya di jalur sepanjang 16.5km pada lapisan es setebal 70cm itu.

Bentley Continental SuperSports Convertible yang mencetak rekor kecepatan di es ini Didorong oleh mesin 6.000 cc, 12 silinder dengan tenaga lebih dari 600 hp dan dibekali berbagai piranti pendukung.
Mulai dari spoiler yang memberi kestabilan dan aerodinamika ekstra, ban khusus musim dingin dari Pirelli berukuran 20 inci hingga parasut yang berguna untuk menghentikan laju kendaraan.

Menurut Bentley, mobil kencang tersebut melaju dengan menggunakan bahan bakar bioetanol E85, dan tenaganya disalurkan ke roda melalui sistem penggerak all wheel drive. Dengan itu semua, Juha berhasil memecahkan rekor lama nya pada tahun 2007 dengan Continental GT yang mencatat waktu 321,6 km/jam di lokasi yang sama.

"Rekor kecepatan es adalah prestasi yang luar biasa bersama Juha Kankkunen. Kami akan merayakan keberhasilan ini dengan mobil Bentley yang 'ekstrim' dan sangat spesial, yang akan menjadi model yang paling kuat yang pernah menanggung lambang terkenal 'B bersayap'," ungkap Chairman dan Chief Executive Bentley Wolfgang Durheimer dalam sebuah pernyataan.

Seperti ucapan Wolfgang, Bentley rencananya akan merayakan pencapaian rekor tersebut dengan membuat Bentley Continental Supersports Convertible edisi terbatas, yang hanya dibuat sebanyak 100 unit.

Namun pihak Bentley belum mengungkap rincian mengenai spesifikasi atas mobil yang disebut sebagai produk Bentley yang paling ekstrim tersebut. “Kita akan lihat di Genewa Motor Show 2011 pada tanggal 1 Maret,” ujar Wolfgang. (Okezone)

No comments:

Post a Comment