Thursday, February 17, 2011

Porsche Hadirkan Panamera, Irit Nan Kencang


Produsen mobil asal Jerman yang terkenal dengan produk mobil sportnya, Porsche, dikabarkan akan ikut meramaikan pasar mobil hybrid dunia dengan menghadirkan Panamera S Hybrid.

Rencananya sedan mewah tersebut akan diperkenalkan pada bulan maret mendatang. Porsche mengklaim bahwa Panamera ini akan menjadi produk Porsche yang paling ekonomis, dengan konsumsi bahan bakar sebanyak 6,8 liter untuk menempuh jarak 100 km atau 20,38 kilometer per liter.

Efisiensi bahan bakar tersebut juga karena menggunakan beberapa perangkat pendukung, satu di antaranya ban Michelin dengan tingkat rolling resistance yang rendah. Selain irit bahan bakar, mobil ini juga ramah lingkungan, karena hanya menghasilkan CO2 sebanyak 159 g/km.

Mesin konvensional dan motor listrik yang disandang Panmera S hybrid ini sama persis dengan yang digunakan oleh Porsche Cayenne hybrid. Mesin v6 3.000 cc supercherged mampu menghasilkan tenaga sebesar 333 daya kuda, sementara motor listriknya sendiri bertenaga 47 horse power.

Dengan gabungan sumber tenaga tersebut, Panamera hybrid memiliki tenaga sebesar 380 hp. Tenaga itu lantas disalurkan ke roda melalui peranti transmisi Tiptronic S delapan tingkat percepatan.

Siapa bilang mobil hybrid tidak bisa ngebut, buktinya Panamera S Hybrid ini mampu melakukan sprint dari 0 hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 6 detik saja. Bila pedal gas terus diinjak, makan jarum spidometer mampu menyentuh angka 270 km/jam.

Menariknya, sumber listrik mobil tersebut akan diisi secara otomatis melalui proses pengereman. Jadi sewaktu pengemudi mengerem, maka energi mobil yang terbuang akan didaur ulang menjadi energi listrik dan disimpan di baterai nickel metal hydride.

Panamera S Hybrid akan memasuki pasar Eropa pada bulan Juni 2011, sedangkan penjualan di Amerika akan menyusul setelahnya. (Okezone)

No comments:

Post a Comment