Thursday, February 10, 2011

Ferrari Ganti Nama


Ferrari akhirnya mengalah. Gugatan yang dilontarkan Ford membuat kubu Kuda Jingkrak memutuskan mengganti nama mobil mereka.

Sebelumnya, kubu Ford diketahui melancarkan gugatan terkait pencantuman F150 sebagai mobil baru Ferrari di musim 2011 ini. Ford menilai Ferrari telah mencoba mengambil keuntungan dari mereka. Pasalnya, nama F-150 sendiri sudah menjadi ciri khas jenis mobil pick-up yang dikeluarkan Ford.

Alhasil produsen mobil Amerika Serikat ini mengadukan hal ini ke pengadilan dan menuntut Ferrari untuk segera mengganti nama mobil mereka. Tak hanya itu, kubu Ford juga kabarnya meminta ganti rugi sebesar USD100 ribu, karena Ferrari telah dianggap melanggar hak cipta.

Ferrari sendiri awalnya sempat menolak mengganti nama, karena mereka berpendapat bahwa nama tersebut (F150) dipilih “karena mereka ingin memperingati unifikasi Italia yang ke-150 tahun”, bukan untuk mendompleng merk lain. Namun, karena tak ingin situasi jadi semakin keruh, Ferrari akhirnya mengalah dan mengganti nama mobil mereka.

Ferrari secara resmi mengubah nama mobilnya dengan “F150th Italia”. Dengan nama ini, skuag Kuda Jingkrak tetap bisa mengabadikan momen 150 tahun unifikasi Italia, tanpa terkena masalah.

“Pada subjek nama mobil baru Ferrari, perusahaan yang berbasis di Maranello telah mengirim surat balasan kepada Ford, dan menggarisbawahi fakta bahwa pemilihan F150 (digunakan sebagai versi singkat dari nama lengkap, Ferrari F150th Italia) tidak akan pernah digunakan sebagai nama suatu produk komersial - memang pasti tidak akan pernah ada produksi mobil single-seaters," tulis pernyataan Ferrari sebagaimana dikutip Autosport, Jumat (11/2/2011).

“Meski begitu, untuk membuktikan bahwa langkah Ferrari tersebut murni, maka Ferrari memutuskan untuk mengubah nama mobil dengan versi lengkap yakni, Ferrari F150th Italia,” lanjut pernyataan tersebut.(Okezone)

No comments:

Post a Comment