Sunday, February 20, 2011

Smart Forspeed, iPhone Berjalan



Daimler AG akan menampilkan generasi terbaru Smart yang disebut Forspeed, pada Pameran Mobil Jenewa, Swiss, yang berlangsung pekan depan. Sesuai namanya, mobil konsep listrik murni ini lebih "galak", bisa melakukan sprint 0-100 km per jam hanya dalam 5,5 detik dan dikebut habis, 120 km per jam.

Sekali isi penuh, baterainya dapat buat menjelajah 135 km. Si Kecil ini mengandalkan tenaga dari motor listrik berdaya 30kW. Bodinya dibuat dari plastik yang diperkuat serat gelas dan tidak punya atap dan kaca samping. Sebagai pengganti, di depan dipasang deflektor angin yang disatukan dengan sel fotovoltoik buat sumber energi untuk perlengkapan listrik interior.

Interior dapat dilindungi terhadap cuaca buruk dengan tutup yang bisa ditarik. Fitur yang masih baru pada mobil konsep ini adalah gagang pintu, untuk membukanya harus memegang grip dari dalam.

Gorden Wagener, Kepala Desain Mercedes-Benz mengatakan, Forspeed memperbarui menginterpreasiskan slogan Smart sebelumnya “reduce to max”. Konsepnya, muda, trendi dan indah dengan fitur moderen. “Membuat mobil kecil ini mirip dengan iPhone berjalan,” tegas Wagener.

Ditambahkan, intrior Forspeed diilhami oleh kokpit pesawat, dengan intrumen terpisah untuk pengemudi dan penumpang. Sisi penumpang mempunyai smartphone yang dapat diputar 90 derajat untuk diarahkan ke pengemudi sehingga bisa melihat tayangan navigasi.

Sementara itu, bos Smart, Annette Winkler menambahkan, belum ada rencana untuk memproduksi Forspeed ini secara massal. Kehadiran Smart konsep ini hanya untuk memberikan gambaran mendatang. "Beberapa elemen desain Forspeed akan terlihat pada model Smart yang akan diproduksi,” jelas Winkler.

Namun yang pasti penampilannya Smart ini menarik, terutama grilnya yang berukuran lebih besar dan panjang. Juga lampu depan yang dihiasi LED sehingga membuat penampilan Smart ini menjadi trendi. (Kompas)

No comments:

Post a Comment