Thursday, September 30, 2010

ZTE Luncurkan Modem Router Mini Kecepatan Tinggi


Kehidupan modern menuntut manusia untuk bergerak kian dinamis. Arus informasi yang cepat dan waktu yang kian hari kian menjadi mahal menjadikan Internet sebagai Ultimate Solution bagi setiap kalangan. Baik untuk pemenuhan kebutuhan bisnis, hiburan, maupun semata bersosialisasi melalui jejaring pertemanan.

Banyak tempat seperi kafe, restaurant, pusat belanja yang kini menyediakan Wireless Fidelity (wi-fi) sebagai daya tarik bagi tempat mereka. Berbagai gadget seperti router, modem, USB modem yang mudah dibawa kemana pun telah hadir untuk mengimbangi laju pertumbuhan pasar internet.

ZTE Corporation, berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan meluncurkan mini Wi-Fi dengan nama ZTE MF 30. Modem sekaligus router ini berukuran laiknya ponsel dengan berat hanya 80 gram. ZTE mengklaim apabila membawa produk ini bukan lagi Anda yang mencari Wi-Fi Hot Spot namun Anda adalah sentral hot spot itu.

"Kecepatan ZTE MF 30 sangat tinggi yaitu 7.2 Mbps menggunakan teknologi High Speed Downlink Package Access (HSDPA), tentu akan segera di buru masyarakat," demikian di ungkap General Manager Wellcomm Ritelindo Pratama- distributor modem ZTE, Halim S. Purnomo dalam keterangannya, Rabu (29/9/2010).

"Hebatnya lagi, produk ini bisa awet digunakan selama 100 jam non stop. Kalau baterainya habis, Anda hanya tinggal melakukan charge ulang. Dalam dua jam sudah penuh kembali baterainya," tutur Halim.

Senada dengan Halim, Willy Lukas Kurniadi, Senior Account Manager PT ZTE Indonesia menjelaskan bahwa ZTE MF 30 dirancang untuk digunakan maksimal hingga lima orang secara bersamaan, dalam radius 50 Meter.

"Apapun perangkat yang anda gunakan selama memiliki fasilitas Wi Fi maka cocol perangkat ini. Baik laptop, iPad, iPhone, Android, PSP, Blackberry dan Sebagainya," kata Lukas.

Wellcomm sebagai distributor utama membanderol ZTE MF 30 dengan harga Rp. 999.000 dan tersebar di 100 outlet Wellcomm Shop yang menyebar di seluruh nusantara.

Wellcomm Shop juga melengkapi produknya dengan bundling bersama kartu perdana Telkomsel Flash Unlimited, produk besutan Telkomsel. Kartu perdana Flash Unlimited ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk langsung mengakses internet tanpa harus melakukan registrasi ke 4444. (okezone/Ketok)

Nokia Morph: Ponsel Masa Depan Nokia


Nokia tengah mengembangkan berbagai teknologi ponsel masa depan. Salah satu yang jadi fokus mereka adalah ponsel dengan bodi fleksibel, yang bisa berubah-ubah bentuk.

Adalah pusat riset dan pengembangan Nokia yang berpusat di Cambridge, Inggris, yang berusaha mewujudkan bermacam konsep ponsel futuristik.

Mereka pun memamerkan teknologi bernama Nanowire Sensing, Stretchable Electronic Skin dan Electrotactile Experience. Proyek Nokia ini dibesut oleh puluhan periset.

Teknologi Nanowire Sensing memiliki beberapa kegunaan. Di antaranya pengguna ponsel bisa mengamati situasi lingkungan sekitar, seperti seberapa tinggi tingkat polusi udara.

"Tim ini mengembangkan semacam hidung tiruan. Dengen meletakkan kabel nano di atas chip, perangkat ini dapat merasakan adanya perbedaan substansi di sekitar," demikian penjelasan Nokia.

Sedangkan teknologi Stretchable Electronic Skin digunakan untuk membuat ponsel dapat berubah bentuk, sebuah konsep yang dulu diperkenalkan dalam ponsel Nokia Morph. Nokia memamerkan semacam kulit elektronik yang lentur untuk bodi ponsel.

"Kemungkinan ini sepertinya sukar dipercaya, tapi sebuah teknologi semacam ini bisa digunakan untuk membuat perangkat menjadi unik dan bahkan memungkinkan teknologi turut menjadi busana kita," lanjut Nokia.

Sedangkan teknologi Electrotactile Experience dijanjikan membuat sistem layar sentuh bekerja lebih canggih. Berbagai teknologi tersebut masih dalam tahap awal pengembangan. Sepertinya masih butuh waktu lama bagi konsumen untuk dapat mencobanya. (Detik/Independent/Ketok)

Jaguar Buat Mobil Sport Listrik


Dalam rangka menandai 75 tahun desain merek icon, XK 120 tipe C dan tipe D XJ13. Jaguar akan memperkenalkan supercar terbarunya yang akan menggunakan nama C-X75.

Menurut Jaguar, mobil C-X75 tersebut dirancang sebagai mobil listrik dua kursi, dan dapat mengekplorasi batas terluar dalam hal performa

Mobil itu direncanakan dapat bersaing dengan Bugatti, yang akan mencapai kecapatan 300 km/jam dalam waktu 15,7 detik, lebih dari satu detik lebih cepat dari Bugatti Veyron.

Mobil konsep ini menggunakan empat motor listrik bertenaga 195-tenaga kuda pada setiap rodanya. Sehingga bila dikalkulasi, akan muncul tenaga sebesar 780 hp.

Selain itu dipasang juga gas turbin yang dapat berputar sampai 80.000 rpm, sehingga menghasilkan tenaga sebesar 188 hp untuk mengisi baterai dan memperluas daya jelajah mobil sampai 560 miles tanpa henti.

Mobil tersebut sanggup meluncur dari 0-100 km/jam dalam 3,4 detik. Sumber listrik itu sendiri disimpan di baterai ion lithium.

Menurut Callum sebagai sang desainer, kendati bertampang tenang dan menonjolkan desain dengan citarasa seni yang tinggi, namun C-X75 memiliki karisma sebagai supercar sejati. “Anda bisa saja membantahnya, tetapi ini merupakan penghormatan yang layak atas 75 tahun desain ikon Jaguar tersebut,” lanjutnya. (Okezone)

Audi Tampilkan e-Tron Spyder di Paris


Disamping mobil konsep Quattro, Audi juga meluncurkan e-tron Spyder pada gelaran Paris Auto Show 2010. Mobil konsep tersebut diisukan sebagai R4 sport masa depan.

Konsep e-Tron ini diaktifkan oleh mesin turbocharger 3,0 Liter TDI yang memiliki output tenaga sebesar 300 HP, dan dikombinasikan dengan dua motor listrik asinkron dengan total output 88 HP.

Hasilnya e-Tron mampu melakukan sprint dari 0 hingga 10 km/jam hanya dalam waktu 4,4 detik. Selain itu, mobil tersebut juga mampu menembus top speed hingga 250 km/jam yang dibatasi secara elektronik. Mobil ini juga memiliki konsumsi bahan bakar sebanyak 106,92 mpg.

Kombinasi antara mesin TDI dan listrik yang sangat efisien juga memberikan bahan bakar yang sangat baik dan luar biasa emisi rendah. Audi e-tron Spyder membutuhkan rata-rata hanya 2.2 liter solar untuk menempuh jarak 100 km, sesuai dengan emisi CO2 sebesar 59 g/km.

Audi mengklaim, e-Tron Spyder dapat menjangkau lebih dari 1.000 kilometer dengan tangki bahan bakar sebanyak 50 liter, dan Audi e-Tron total berat badan rendah Spyder yang hanya sekitar 1.450 kilogram

E-tron Spyder memiliki ukuran lebar 1,81 meter, panjang 4,06 meter dan hanya tinggi 1,11 meter. Mobil ini memiliki fitur saluran udara masuk sentral, single-frame grill, adaptif matriks beam headlight modul dengan kaca bening tiga dimensi. Selain itu juga ada cover karbon di jendela depan dan samping serta roda berukuran 20 inci.

Pada bagian interior yang luas, terdapat layar dengan fungsi MMI terpadu dan diapit oleh dua indikator bundar yang terinspirasi dari dunia balap, serta kursi bucked yang ringan, berwarna kontras dan penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Audi juga menggunakan beberapa unsur karbon didalam kendaraan tersebut, seperti pada spoiler dan diffuser di bagian depan dan belakang mobil. Unsur Karbon juga digunakan pada penutup mesin di belakang. (Okezone)

Tuesday, September 28, 2010

Bugatti Galibier Siap Meluncur Awal 2013



Produsen mobil tercepat di dunia, Bugatti, siap menggantikan Veyron dengan sedan eksotik empat pintu,Galibier 16C pada awal 2013. Mobil dengan prototipenya sudah diperlihatkan di Frankfurt Motor Show 2009, akan dihargai US $1,5 juta dan diproduksi 300 unit saja.

Galibier dibuat dengan bodi berbalut serat karbon dan aluminium. Mesin W16 8,0 liter sama dengan Veyron namun tanpa turbocharger. Sebagai gantinya, Bugatti akan memasang supercharger untuk membatasi tenaga maksimumnya 800PS. Bandingkan dengan Veyron1.000PS, bahkan 1.200PS untuk Supersport.

Gablibier akan langsung dirakit Molsheim, begitu Veyron ke-300 usai dirakit pada akhir 2012. Saat ini produksi Veyron baru 260 unit dari total 300 unit yang direncanakan. (Kompas)

Monday, September 27, 2010

RIM: iPad Trendsetter, PlayBook Akan Mengubahnya


iPad mungkin telah menetapkan trendsetter dalam pasar tablet. Tetapi menurut co-CEO RIM Jim Balsillie tablet BlackBerry bernama PlayBook akan mengubahnya.

Balsillie mengatakan pedoman dan arsitektur QNX powering yang tertanam di PlayBook itu menandai kedatangan pengalaman internet pertama yang berfungsi penuh dalam satu paket. Singkatnya, perangkat RIM telah mengubah orang dalam menggunakan tablet.

"Kami membawa mobilitas ke Web, tidak meminta Web untuk memformat ulang untuk mobilitas," kata Balsillie dalam briefing sebelum acara BlackBerry Developer Conference, kepada Reuters, yang okezone kutip Selasa (28/9/2010).

Ditambahkan olehnya, Playbook pada awalnya hanya akan dapat mengakses jaringan seluler dengan menghubungkan ke ponsel BlackBerry, mengurangi daya tarik untuk operator, tetapi menarik bagi para pengguna dalam mewaspadai biaya layanan bulanan.

Playbook akan mampu merekam video berkualitas HD 1080p dan dilengkapi dengan port HDMI serta jack microUSB, 802.11a/b/g/n WiFi, dan Bluetooh 2,1. Perangkat ini mempunyai lebar 5.1 inci dan ketebalan 0,4-inci, serta berat hanya 400gram (atau sekitar 0,9 pon).

Hadir dengan layar 7-inci, PlayBook hadir dengan kamera dibagian depan beresolusi 3 megapixel, dan kamera belakang 5 megapixel. Bisa ditebak, PlayBook mampu menjalankan fitur video conference. (Okezone)

Tablet BlackBerry itu Bernama PlayBook


Seperti sudah banyak disebut banyak orang, akhirnya Research in Motion (RIM) memperkenalkan tablet barunya di acara BlackBerry Developer Conference, San Francisco, Amerika Serikat. Namun BlackPad tidak dipilih sebagai nama tablet mereka. Lalu apa?

Diumumkan langsung oleh CEO RIM Mike Lazardis, tablet BlackBerry itu diberi nama PlayBook. Pengumuma ini sekaligus mematahkan isu yang menyebutkan kalau BlackPad menjadi nama tablet perusahaan asal Kanada tersebut.

Dilansir melalui Engadget, Selasa (28/9/2010), ada beberapa dugaan sebelumnya yang ternyata memang dibenamkan di PlayBook. Salah satu diantaranya adalah, tablet ini menggunakan sistem operasi BlackBerry Tablet OS yang diciptakan oleh QNX, sebuah perusahaan software yang baru saja diakuisis oleh RIM.

OS BlackBerry Tablet ini menawarkan OpenGL penuh dan dukungan POSIX disamping standar web seperti HTML5, yang semua terikat ke SDK WebWorks.

"QNX akan memungkinkan hal-hal yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Platform ini sangat pas untuk gaming yang luar biasa bagi pengembang dan para pemain," kata Lazardis.

"RIM juga memuji kemampuan pedoman untuk menangani konten Flash melalui Flash 10.1, serta aplikasi Adobe AIR yang sangat menawan bagi kemampuan menjalankan media yang kaya," sebutnya.(Okezone)

Honda Jazz Hybrid, Makin Irit


Honda memang baru membuka selubung Jazz Hybrid dalam gelaran Paris Motor Show akhir bulan ini. Namun detil spesifikasi dari mobil berdimensi kompak itu sudah dibeberkan.

Honda mengaku telah menambahkan teknologi IMA hybrid ke dalam hatchback inovatif ini dan juga sistem kursi lipat untuk jok baris kedua.

IMA baterai pack dan power control unit terintegrasi dilantai bawah jok belakang guna menyokong mesin konvensional 1.3 liter seperti model lainnya.

"Ini artinya kursi dapat dilipat hingga datar dan menampung bagasi hingga 831 liter atau bisa pula mengangkut barang yang lebih tinggi," tulis pernyataan resmi Honda seperti dikutip okezone dari Autoevolution, Selasa (28/9/2010).

Mekanisme mesin hybridnya sama dengan yang digunakan pada Insight dan CR-Z. Mesin 1.3 liter i-VTEC tersebut digabungkan dengan motor hybrid sehingga bisa menghasilkan emisi CO2 hanya 104 g/km.

Serupa pula dengan Civic hybrid, Jazz hybrid mampu berjalan hanya menggunakan motor listriknya saja untuk kecepatan sedang dan rendah. Sementara konsumsi bahan bakar akibat penggunaan mesin hybrid ini Jazz menjadi semakin irit.

Dari uji yang dilakukan produsen mobil Negeri Sakura itu didapat hasil konsumsi BBM 4,4 liter untuk menempuh jarak sejauh 100 km.

Secara artistik, desain Jazz hybrid direvisi dari model sebelumnya dengan perubahan pada bagian grill, bumper depan, serta tailgate bernuansa krom. Untuk kelir eksteriornya hanay ditawarkan dengan warna Lime Green Metallic.

Pihak perusahaan mengumumkan pula, Jazz hybrid bakal masuk ke pasar Eropa mulai awal 2011. (Okezone)

Sunday, September 26, 2010

Yamaha Segarkan Penampilan Jupiter MX


Yamaha masih menyisakan satu peluru pamungkas di tahun ini, yaitu New Jupiter MX, yang akan diluncurkan di ajang pameran sepeda motor Indonesia, Jakarta Motorcycle Show 2010, November mendatang.

Ikhwal ini disampaikan langsung Paulus Sugih Firmanto, General Manager Sales, Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), kemarin. Sampai saat ini Yamaha masih terus melakukan survei mendalam sebelum mengeluarkan unit ke pasar. "Mudah-mudahan di JMS keluar. Kita masih studi,” ujar Paulus.

Kemunculan Jupiter MX yang disegarkan ini sudah merebak di media maya. Di samping itu, juga sudah memperoleh izin produksi unit dengan kode T135SEC di Kementerian Perindustrian pada 22 September lalu.

Isunya, perubahan yang dilakukan terhadap Jupiter MX hanya pasa tutup bodi dan dan roda belakang dipasangi rem cakram belakang. Kompetitor New Jupiter MX saat ini adalah Honda CS-1, Suzuki Satria FU dan Kawasaki Athlete. (Kompas)

Yamaha Betik "Lexam" Siap Masuk Pasar


Yamaha segera menjajaki segmen baru, bebek matik (betik) ke pasar sepeda motor nasional. Kabar ini terkuak dari fakta, pendaftaran sepeda motor baru ini di Kementerian Perindustrian pada 24-06-2010.

Pada data tersebut, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sudah mengajukan jumlah produksi, 4.000 unit sampai akhir tahun. Berarti, selangkah lagi memasarkannnya.

Semula, diprediksi Yamaha hanya menyisakan dua “peluru” di semester kedua tahun ini, yaitu Byson dan New Scorpio Z. Ternyata ada model yang disegarkan dan total baru secara teknologi.

Betik yang diberi nama Lexam di Vietnam, diinformasikan berbeda dengan kompetitornya yang sudah ke pasar Indonesia duluan, yaitu Honda Revo Techno AT.

Konsep bentik Honda adalah bebek yang diganti transmisinya, dari manual ke CVT namun pengoperasian rem belakang tetap melalui pedal atau dioperasikan dengan kaki.

Lexam, pegoperasian kedua rem (depan dan belakang) dengan tuas di setang. Informasi lainnya, pasokan bahan bakar masih tetap sistem karburasi (karburator), belum injeksi (njektor).

Eiji Tada, Wakil Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia pernah mengatakan, "Kami akan luncurkan Lexam pada kuartal terakhir tahun ini. Bukan di Jakarta Motorcycle Show (JMS), tetapi sekitar waktu itulah! "

Kabar terakhir, Yamaha malah akan meluncurkannya pada awal 2011. Pasalnya, belajar dari Honda Revo Techno AT, penjualannnnya belum menggembirakan. Pasti ada faktor lain, misalnya harga - lantaran menggunakan sistem injeksi – menjadi lebih mahal. (Kompas)

Seabird: Ponsel Masa Depan ala Mozilla Berbasis Android


Akan seperti apa kira-kira wujud dan teknologi ponsel di masa depan? Vendor teknologi Mozilla coba menyajikan sebuah konsep handset yang kelihatannya cukup menakjubkan.

Mozilla Labs memamerkan Seabird, sebuah konsep smartphone berbasis Android. Tentunya ponsel ini memiliki berbagai fitur yang belum ada pada ponsel zaman sekarang.

Dalam video mengenai Seabird, tampak bahwa ponsel ini memilki dua buah proyektor. Selain fungsi utamanya untuk memproyeksikan layar dalam ukuran besar, ada satu lagi kegunaan dua proyektor ini.

Proyektor itu mampu memancarkan keyboard virtual dalam dua bentuk. Pertama berupa keyboard full qwerty dan keyboard split yang dipancarkan dari dua sisi badan ponsel. Jadi pengguna dapat memakai keyboard virtual ini untuk input data ke ponsel. Menarik bukan?

Sebuah dongle Buetooth ditautkan di bagian belakang ponsel. Dongle ini juga multifungsi. Selain untuk headset, dongle dapat difungsikan ala mouse untuk menggerakkan cursor di ponsel. Cukup menggerakkan dari jarak jauh, user dapat melakukan navigasi menu di ponsel.

Ponsel Seabird dapat diisi ulang secara nirkabel. Sedangkan fitur lain yang tersedia mirip-mirip dengan smartphone masa kini seperti kamera 8 megapixel, mini USB port, dan 3,5 mm headphone jack.

Secara fisik, ponsel itu terlihat futuristik dan cantik. Bagian belakang ponsel terlihat gembung di bagian atas dan menipis di bagian bawah. Seabird tampil mengusung layar sentuh yang mengisi sebagian besar sisi depan.

Ponsel Seabird digagas oleh Billy May, salah seorang anggota di Mozilla Labs. Sayangnya, Mozilla belum berencana mengembangkan ponsel ini hingga sampai tahap produksi. (Detik/PCWorld/Ketok)

Pesawat Terbang Masa Depan Akan Transparan


Dapatkah Anda bayangkan, sebuah pesawat dengan hanya menekan sebuah tombol bisa membuat tubuh pesawat tersebut menjadi transparan? Yang membuat penumpang bisa melihat ke arah pemandangan langit di samping dan juga melihat pemandangan kota-kota di bawah dari ketinggian 40.000 kaki?

Perusahaan pesawat terbang Eropa, Airbus meluncurkan makalah gagasan/ide "The Future, by Airbus" setebal 14 halaman, yang berisi ide-ide liar dari penerbangan komersil untuk masa depan.

Di makalah tersebut ditulis gagasan, bahwa pesawat penerbangan komersil di tahun 2050 nanti, kursinya akan menyesuaikan ukuran tubuh penumpang dan proyeksi holografik akan mengubah kabin khusus dengan pemandangan ala taman Zen Jepang.

"Jadi bayangkan, Anda nantinya bisa memilih tema pemandangan kabin sendiri pada ketinggian penerbangan lebih dari 32.000 kaki," tulis pihak Airbus di makalah tersebut.

Airbus juga mengatakan bahwa nantinya pesawat tersebut juga bisa menyediakan fitur tubuh pesawat yang tembus pandang/transparan.

Entah apakah gagasan ini akan diterima atau ditolak, yang jelas orang-orang tetap ingin melihat pemandangan dari pesawat terbang ketika terbang di udara dengan kecepatan 600 mil per jam. (Okezone/LATimes/Ketok)

Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Tempur ala RoboCop


Ilmuwan Jepang kembali menghadirkan sebuah robot prajurit. Robot bernama HRP-4 ini adalah robot humanoid versi terbaru di negari Sakura itu.

HRP-4 dikembangkan oleh Kawada Industries dan National Institute of Advances Industrial Science & Technology (AIST). Robot tersebut bisa berdiri dengan satu kaki, melacak wajah maupun objek dan merespon perintah suara.

HRP-4 terlihat mirip dengan RoboCop tapi lebih langsing. Beratnya hanya 39 kg termasuk baterai yang berarti lebih ringan 4 kg dibanding robot pendahulunya, robot HRP-4C yang pernah menjadi model gaun pengantin di Osaka, Jepang.

Robot yang berukuran 150 cm ini mempunyai 34 sendi gerak dengan tujuh sendi di masing-masing lengan dan mempunyai jari yang mampu bergerak lebih tepat dibanding seri sebelumnya. Masing-masing lengannya mampu membawa beban sekitar 450 gram.

Robot yang berdaya 80 watt ini rupanya juga bisa berguna dalam membantu pekerjaan rumah seperti memegang peralatan listrik dan menuangkan minuman.

HRP-4 sendiri merupakan hasil dari penelitian oleh sektor publik dan swasta di Jepang selama lebih dari satu dekade dengan menggunakan teknologi yang pernah dikembangkan Honda.

Robot HRP-4 rencananya akan dijual mulai USD 300.000 namun belum termasuk software. Kawada dan AIST menargetkan pusat penelitian asing, domestik dan universitas sebagai pembeli potensial robot prajurit ini. (Detik/CNet/Ketok)

Ferrari Luncurkan Mobil Edisi Khusus


Ferrari memiliki cara unik untuk merayakan ulang tahun ke-80 dari Pininfarinas’s, yang tak lain adalah rumah desain yang setia membuatkan mobil dengan bentuk menarik bagi Ferrari.

Perusahaan mobil asal Italia itu meluncurkan Ferrari SA Aperta, yang didasarkan dari 599 adalah edisi khusus. Hanya akan ada 80 unit yang diproduksi. Kendaraan itu direncanakan akan memulai debut resmi pada Paris Auto Show mendatang.

Kendaraan ini memiliki tingkat aerodinamika yang baik untuk menggurangi gesekan dengan udara saat melaju kencang. Juga ada fitur-fitur khusus lainnya seperti kaca depan yang lebih rendah dan dua roll-bar khusus di belakang kursi.

Ferrari mengklaim bahwa kendaraan menggunakan sasis yang memberikan tingkat kekakuan yang sama dengan 599 standar tanpa menambahkan berat tambahan, seperti yang dilakukan convertible lainnya.

Di depan bagian Aperta SA, tepatnya di bawah bonnet yang panjang, kita akan menemukan sebongkah mesin V12 yang dapat memberikan tenaga sebesar 670 hp. Demikian dinukil Autoevolution, Sabtu (25/9/2010).

Ferrari juga menjamah bagian interior kendaraan, di mana dia telah menggunakan material yang segar, trimming dan warna yang memikat. Pembuat mobil asal Italia ini akan memperbolehkan para pelanggan untuk membuat interior versi mereka sendiri.

Untuk urusan harga, sayangnya Ferrari belum mengungkap lebih rinci.(Okezone)

Range Rover Evoque Akan Gunakan Mesin Turbo


Pameran akbar Paris Auto Show segera dimulai. Salah satu peserta dala acara tersebut, Land Rover, telah menyiapkan Evoque, SUV yang kecil dan ringan.

Evoque akan memulai debut pertama kali di pameran pada 30 September. Lalu akan ditargetkan bisa terjual di Amerika Serikat (AS) pada musim gugur 2011.

Range Rover Evoque dua pintu mempertahankan desain yang terinspirasi dari konsep LRX yang meluncurkan dua tahun lalu. SUV tersebut ditargetkan meraih kelompok pembeli baru dengan harga terendah.

"Range Rover Evoque membantu untuk menentukan segmen baru SUV kompak premium yang lebih sport dan stylish. Hal ini membuat pernyataan yang kuat tentang arah masa depan merek Range Rover," kata CEO Jaguar Land Rover Ralf Speth, dalam sebuah pernyataan yang dikutip automotivenews.

Evoque memiliki dimensi 17 inci lebih pendek dari Range Rover Sport dan menggunakan versi modifikasi dari platform Land Rover LR2.

Mobil tersebut menggunakan mesin turbocharged 2.0-liter, empat-silinder dengan injeksi langsung dan variabel valve timing, dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 240 hp.

Mesin yang memiliki kapasitas tidak terlalu besar tersebut lantas dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan. Evoque dilengkapi dengan sistem tenaga-kemudi listrik untuk meningkatkan ekonomi bahan bakar.

Mobil ini juga memiliki sistem peredam canggih yang disebut MagneRide yang disediakan secara opsional. Shock breaker diisi dengan cairan yang mengandung partikel magnetik yang diaktifkan oleh arus listrik. Jumlah arus dikirim melalui cairan untuk melembutkan efek peredam.

Namun tidak disebutkan secara pasti harga dari mobil yang didesain dengan bantuan Victoria Beckham tersebut. (Okezone)

Friday, September 24, 2010

Mitsubishi Patok Penjualan Empat Kali Lipat di Amerika


Presiden Mitsubishi Motors Corp, Osamu Masuko mengatakan, perusahaan akan menambah target penjualan sekitar 200.000 unit per tahun, atau kira-kira empat kali lipat dari penjualan saat ini yang sebanyak 50.000 unit.

Masuko mengakui bahwa Mitsubishi telah jatuh keras sejak penjualan di Amerika serikat (AS) mencapai puncaknya hanya dikisaran di 354.111 unit kendaraan pada tahun 2002. Tapi ia melihat saat ini penjualan mereka mulai stabil dan kemungkinan ini akan meluas pada tahun depan.

“Mitsubishi akan menghadirkan produk baru, peningkatan pelayanan, pemberian insentif dan meningkatkan pertumbuhan akan menjadi kunci utama,” Matsuko.

Ia menambahkan, orang-orang telah bertanya kepadanya selama enam tahun terakhir apakah Mitsubishi akan menarik diri dari pasar. "Tapi itu tidak pernah masuk pikiran saya," tegas dia.

Mitsubishi mengalami kejatuhan setelah dipicu oleh krisis keuangan global, setelah itu mendorong para analis bertanya-tanya apakah mungkin Mitsubishi akan keluar dari pasar AS mengikuti jejak Isuzu pada bulan Januari 2009.

"Kami tidak pernah berpikir tentang penarikan dari pasar AS, dan kami tidak akan melakukannya." lanjut Masuko. Mitsubishi sendiri telah mengalami peningkatan penjualan di AS sebesar 4 persen menjadi 36.431 unit hingga Agustus lalu. Sementara pertumbuhan global meningkat sebesar 8 persen.

Masuko menyebutkan bahwa model-model Mitsubishi yang ada di pasar AS saat ini sudah tidak dapat bersaing. Menurutnya, sedan Galant, coupe Eclipse, dan SUV Endeavor tidak lagi bisa bersaing. Untuk jangka panjang, Mitsubishi akan berorientasi pada SUV seperti Outlander dan sedan besar.

Saat ini perusahaan tersebut sedang bermain dengan mobil yang lebih kecil, dan hemat bahan bakar. Mobil tersebut adalah i-MiEV listrik, yang akan tiba di Amerika Serikat tahun depan dan akan diikuti oleh PX MiEV plug-in hibrida (Okezone)

Mercedes Hadirkan Mesin Baru Untuk S Class 2011


Perusahaan mobil asal Jerman, Mercedes-Benz, baru-baru ini mengumumkan penambahan empat mesin diesel baru dan bensin untuk model S-Klasse 2011.

Selain menggunakan teknologi injeksi langsung pada mesin diesel, Mercedes juga mengusung mesin bensin V6 dan V8 BlueDIRECT. Mesin baru tersebut juga termasuk revisi pada system transmisi 7G-TRONIC PLUS otomatis 7-kecepatan dan fungsi ECO strat /stop, dikutip okezone dari Autoevolution, Jumat (24/9/2010).

Untuk tipe S 250 CDI, S mobil terbaru itu rencanya akan dijual dengan harga dari EUR 71, 876, atau sekitar Rp 861 juta. S 250 CDI BlueEFFICIENCY dapat mengembangkan output tenaga hingga 204 tenaga kuda.

Dengan tenaga sebesar itu, S class cukup irit bahan bakar, karena mampu mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 5,7 liter untuk 100km (41 mpg), mobil itu juga rendah emisi karena hanya memancarkan 149 g / km CO2.

Untuk mesin diesel, mengunakan konfigurasi V6 yang akan dipasang pada model S 350 BlueTEC dengan harga dari EUR 76.279 atau sekitar Rp 914 juta. Mesin diesel tersebut mampu memberikan power hingga 258 tenaga kuda dan memiliki konsumsi bahan bakar 6,8 liter untuk menempuh jarak 100km (35 mpg), sedangkan emisi gas buang hanya memancarkan 177 g / km CO2.

Lain lagi dengan model 350 S BlueEFFICIENCY, yang dapat memberikan tenaga sebesar 306 tenaga kuda. Mobil tersebut akan dijual dengan harga dari EUR78, 718 atau sekitar Rp 944 juta.

Lalu ada 500 S BlueEFFICIENCY yang memiliki tenaga sebesar 435 tenaga kuda dan dijual dengan harga dari EUR99, 186 atau sekitar Rp 1.1 miliar.

"Mesin bensin baru yang sangat efisien dan mesin diesel di S-Klasse menunjukkan bahwa pelanggan kami juga bisa mengendarai mobil kelas mewah dengan suara hati yang jelas," kata Thomas Weber, anggota Daimler AG Eksekutif yang bertanggung jawab untuk penelitian dan pengembangan perusahaan dan Dewan di Mobil Mercedes-Benz.

Sedangkan S 600, dengan 417 tenaga kuda yang keluar dari mesin 12-silinder biturbo akan tetap menjadi model top-of-the-line, dengan harga dari EUR 156, 961 atau sekitar Rp1.8 miliar. (Okezone)

Jepang Kembangkan Buku Digital Sekolah


Jepang akan segera memulai uji coba buku elektronik di semua sekolah dasar yang ada di Jepang secara bertahap. Ini untuk meningkatkan peranan IT dalam kelas untuk menciptakan generasi dari 'pribumi digital' yang lahir dari usia dini.

Di bawah nama proyek 'sekolah masa depan', 10 sekolah dasar akan memberikan semua murid mereka PC tablet dan sesuai kelas mereka dengan papan tulis elektronik interaktif mulai awal bulan depan.

Perangkat jaringan perangkat lunak akan memungkinkan mereka melacak karakter China yang kompleks pada layar atau bertukar pikiran pada selembar kertas putih virtual secara real time, sementara guru digital monitor pekerjaan mereka.

"Jepang, meski statusnya sebagai pelopor teknologi tinggi, masih tertinggal dari Korea Selatan, Singapura, Inggris dan negara-negara lain dalam menggunakan IT untuk pendidikan," kata seorang pejabat kementerian komunikasi, seperti dilansir Strait Times, Jumat (24/9/2010).

Penerbit buku teks, perangkat lunak dan bahan pendidikan lainnya memamerkan barang terbaru mereka yang canggih untuk kelas kabel di pameran industri Baru Pendidikan Expo di Tokyo pekan ini. (Okezone)

Perangkat Converter iPod ke iPhone Banjiri Pasar


Perangkat pengubah iPod Touch menjadi iPhone bakal banjiri pasar Amerika Serikat. Kehadiran Apple Peel dikhawatirkan akan mempengaruhi penjualan iPhone di AS.

Apple Peel menggaet perusahaan Amerika Serikat GoSolarUSA (GSLO) untuk masuk ke negara asal iPod Touch dan iPhone tersebut. Demikian yang dilansir Cnet, Jumat (24/9/2010).

Apple Peel merupakan perangkat yang dikembangkan oleh pengembang China Yosion. Melalui perangkat Apple Peel ini pemilik iPod Touch akan mendapatkan perangkat berupa 'tempat' SIM Card dan sebuah konektor yang memungkinkan iPod touch bisa melakukan panggilan telepon dan menerima SMS laiknya iPhone.

GSLO akan menjadi distributor utama Apple Peel yang dipasarkan sekira USD60. Jika dilihat dari harga tentunya, perangkat ini akan merusak pasar. Karena dengan harga USD60 seseorang bisa mendapatkan fungsi-fungsi iPhone. Sementara harga iPhone 4 terendah sekira USD199 untuk model 16 GB dengan paket data AT&T selama dua tahun.

Apple sendiri belum memberikan sikap terkait masuknya perangkat converter tersebut di AS. Tapi belajar dari pemasaran alat tersebut di HongKong, Apple takkan tinggal diam dan akan mencabut garansi iPod Touch yang telah menggunakan tambahan perangkat Apple Peel. (Okezone)

Keluarga Baru Hyundai Accent


Hyundai telah mengungkapkan akan melakukan produksi sedan Solaris 2011 untuk memenuhi pasar Rusia guna menemani varian Hyundai Accent yang sudah terjual cukup banyak.

Solaris rencananya akan diproduksi oleh pabrik di St Petersburg dan desain mobil tersebut akan didasarkan pada konsep RB. Mobil konsep tersebut pertama kali terlihat pada gelaran Moskow Motor Show 2010.

Hyundai nampaknya akan menggunakan mesin 1,4 liter Gamma berteknologi CVVT, selain itu juga disediakan mesin berkapasitas lebih besar yakni 1,6 liter Gamma yang juga mengunakan teknologi CVVT.

Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi 5-speed manual atau 4-speed otomatis. Untuk urusan tenaga, mesin 1,4 liter dapat menghasilkan output sebesar 105hp dan torsi 136Nm, sedangkan mesin yang menggunakan kapasitas lebih besar 1,6 liter, akan memberi tenaga hingga 121hp dan torsi 155Nm.

Untuk mengakomodasi cuaca Rusia yang terkadang ekstrim, Solaris telah dilengkapi dengan fitur khusus. Seperti saluran pemanasan belakang, sebuah reservoir washer 4,0 liter dengan sensor level cairan, sebuah baterai 60Ah untuk membantu menyalakan mesin saat cuaca amat dingin, wiper deicer, penghangat kursi depan serta pemanas kaca dan spion.

Hyundai mengklaim, mobil ini berdesain mewah, tetapi memiliki fitur yang aman untuk digunakan di iklim yang sangat ekstrim seperti di Rusia.

Solaris akan segera menggebrak pasaran Rusia, dengan waktu yang diperkirakan tahun depan. Hyundai juga akan memasukkan varian hatchback pada akhir tahun depan. Hyundai menargetkan dapat menjual sampai dengan 85.000 unit per tahun. (Okezone)

Thursday, September 23, 2010

India Jadi Target Baru BMW Motor


Suburnya pasar motor sport di India memacu BMW untuk ikut terjun mengadu nasib di negara itu memasarkan produknya.

"Saat ini kami tengah menyelidiki adakah kemungkinan atau tidak untuk masuk ke pasar India. Keputusannya akan lahir beberapa pekan ke depan," ujar President BMW India Andreas Schaaf ketika diwawancarai Indiamag.in.

Menurutnya, Motarrad sebagai perusahaan sepeda motor BMW telah melihat potensi pasar yang begitu besar di India. "Kami saat ini sedang mempelajarinya," tambah dia.

Namun Schaaf tidak menyebutkan apakah adapula rencana BMW mendirikan pabrik sebagai basis produksi di Negeri Tajmahal itu. Begitupun BMW tidak menyebut motor gede (moge) manakah dari produksi mereka yang akan masuk ke India.

Sejumlah media lokal menyebutkan, motor dengan harga kisaran Rp200 juta - Rp300 juta di India setiap tahunnya laris 400-500 unit. Pemain seperti Yamaha, Suzuki, Honda, dan Harley-Davidson yang mengisi segmen ini. (Okezone)

Cuma Butuh Semenit untuk Fiat Jual 5 Unit Mobil


Ini boleh dikatakan rekor yang hebat, dimana Fiat yang tak lain adalah pabrikan mobil asal Italia hanya membutuhkan waktu 100 menit untuk bisa menjual 500 unit model Fiat 500 Prima Edizione!

Kalo dihitung-hitung, berarti Fiat mampu menjual 5 unit dalam waktu satu menit. Para pembeli dikabarkan membanjiri website Fiat AS dan segera membayar USD500 sebagai downpayment (DP).

Dengan keberhasilan ini, membuktikan bahwa pasar Amerika sebenarnya sedang membutuhkan mobil dengan ukuran mungil. Fiat sendiri menargetkan penjualan Prima Edizione sebanyak 50.000 unit. Kalau dilihat dari antusiasme para pelanggan, mungkin target tersebut dapat tercapai.

Sebenarnya jatah untuk melakukan pemesanan Fiat 500 ini sudah penuh, dan situs resmi untuk mengajukan pemesanan telah ditutup. Namun mereka yang masih tertarik untuk memiliki Prima Edizione masih bisa mengajukan permohonan untuk membeli mobil, tetapi mereka akan ditempatkan pada daftar tunggu yang panjang.

Prima Edizione merupakan mobil edisi khusus yang dirancang untuk dijadikan barang koleksi bagi pemiliknya. Agar lebih eksklusif, pada mobil tersebut terdapat vehicle identification number (VIN) dan badge produksi secara berurutan sesuai masing-masing mobil.

Di Amerika sendiri, Fiat 500 Prima Edizione dijual dengan harga mulai dari sekira Rp160 juta sampai Rp189 juta.

Semua model edisi khusus itu akan dilengkapi dengan transmisi manual, dipasangkan ke mesin MultiAir 1.4L empat silinder.

Setelah penjualan pertama ini, Fiat juga akan merilis versi reguler di pasar AS akhir tahun ini, selain itu Versi Cabrio juga akan hadir pada tahun 2011. (Okezone)

Intip Supercar Terbaru Lotus


Lotus sudah merilis rincian pertama dari supercar terbarunya, Elite. Namun mobil cepat tersebut rencananya baru diperkenalkan secara resmi saat gelaran Paris Auto Show.

Elite sendiri direncanakan akan mulai dijual pada 2014 mendatang. Lotus Elite dirancang untuk mendefinisikan kembali desain klasik dan modern, Lotus tetap mempertahankan ukuran kompak dari Elite ini, dengan panjang 4,60 meter, lebar 1,90 meter dan tinggi hanya 1,32 meter.

Lotus Elite menjadi semakin menarik, selain karena desainnya yang aerodinamis dan khas supercar, juga menggunakan mesin V8 5.0 liter, yang mampu memproduksi tenaga sebesar 620 PS dan torsi 720 Nm.

Mobil tersebut mampu melakukan akselarasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 3,5 detik. Bila sang pengemudi tega menginjak pedal gas lebih dalam, maka jarum spidometer dapat menyentuh angka 315 km/jam.

Lotus mengatakan, Elite akan menggunakan gearbox hybrid dengan motor listrik yang terintegrasi dan sebuah fitur canggih Kinetic Energy Recovery System (KERS).

CEO Lotus Dany Bahar pun berkomentar bahwa tidak ada yang menyangkal kalau Elite tidak hanya indah dilihat, tapi lebih dari itu, ini adalah mobil yang kompak, berkinerja tinggi, emisi rendah, ringan namun tetap kokoh. "Sehingga kami bangga dan tidak ada yang lebih baik dari Elite diluar sana, baik dari segi gaya dan kinerja," ujarnya.

“Desain eksterior Lotus Elite sangat indah dan lebih dari itu, mobil ini pun memberikan semua aspek sebaik penampilannya. Ini adalah kontradiksi yang sempurna, berdimensi compact, berperforma tinggi namun rendah emisi, ringan namun sangat kokoh,” tambah Bahar.

Lotus menjadwalkan untuk mulai menjual Elite ke pasaran mulai musim semi tahun 2014 mendatang. Dengan estimasi harga dasar 115.000 Pound atau sekira Rp1,6 miliar. (Okezone)

Google New: Ketahui Apa yang Baru Dari Google


Kini ada cara baru untuk mengetahui secara cepat apa yang baru dan yang sedang dikerjakan oleh Google, yakni dengan membuka situs Google New.

Google New adalah sebuah dasbor sederhana untuk mencari tahu apa yang baru dan sedang dikerjakan oleh Google. Intinya adalah sebuah dasbor berita dari 100 blog Google ditambah dengan kemampuan untuk melakukan pencarian melalui produk kunci Google.

Portal Google New membuat para pengguna menjadi lebih mudah dalam mencari tahu perubahan-perubahan apa yang terjadi di Google saat ini. Sebelumnya, sangat sulit untuk mencari tahu informasi perkembangan dari perusahaan internet raksasa tersebut. Karena hampir setiap harinya Google selalu meluncurkan sebuah produk baru.

Beberapa menu di situs Google New adalah: Earth and Maps, Webmaster, AdWords, Serach, Docs, Orkut, AdSense, Mobile, dan lain-lain.

Google New adalah salah satu 'Proyek Ide 20 %' dari Google, yang mana para pekerjanya boleh mensisihkan 20 persen dari waktu kerja mereka pada proyek apapun yang mereka inginkan.

Website Google New bisa dibuka di: www.google.com/newproducts
(Okezone/Mashable/Ketok)

Wujud Asli Skutik Listrik Smart


Smart eScooter disebut-sebut Daimler sebagai motor konsep yang dapat menunjang mobilitas perkotaan yang cerdas dan dapat memenuhi fungsi lain dalam beberapa hal.

Motor tersebut secara resmi akan diluncurkan di Paris Auto Show 2010, uniknya eScooter ini memiliki tenaga baterai, sehingga tidak memancarkan knalpot. Scooter ini dapat memiliki jangkauan lebih dari 60 mil dan kecepatan tertinggi yang dapat diraih yaitu 28 mph.

Daimler telah menciptakan system keamanan canggih yang terintegrasi dan teknologi telekomunikasi ke eScooter, yang dirancang untuk satu atau dua orang.

Fitur canggih itu seperti sebuah airbag yang diintegrasikan ke dalam panel di bawah setang, dan eScooter ini telah dilengkapi dengan rem anti penguncian dan blind spot assist.

Lalu ada sebuah fitur teknologi yang mungkin menarik bagi konsumen muda, melalui aplikasi smart drive kit, dari smartphone ke eScooter tersebut. Smartphone ini disediakan di sebuah dudukan yang dirancang khusus di tengah setang, dan melalui aplikasi tersebut dapat menampilkan beberapa fungsi seperti speedometer, berbagai indikator dan bahkan sistem navigasi.

eScooter ini didukung oleh motor listrik kecil berkapasitas 4kW yang tertanam di hub roda belakang. Lalu ada satu paket baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang dari soket rumah tangga standar dalam waktu 3-5 jam.

Ada sentuhan lain juga bisa dibilang cerdas. Seperti pengisi daya baterai yang diintegrasikan ke dalam panel depan. Ada tempat penyimpanan yang cukup untuk dua helm, serta kursi yang nyaman untuk pengendara kedua. Untuk musin dingin juga sudah disediakan sebuah pemanas pada stang.

eScooter ini hadir dengan ban berukuran13-inch dengan kerangka campuran baja dan aluminium ditutup body dan panel plastik, lalu motor tersebut dicat putih dengan aksen hijau. Pada bagian headlamp, dan taillamp dilengkapi dengan LED. (Okezone)

Moge Honda Dipakai Derek Mobil


Kemampuan sebuah motor gede (moge) memang tidak perlu diragukan lagi. Karenanya moge banyak digunakan pula untuk berbagai keperluan lain diluar dunia roda dua.

Misalnya saja yang dilakukan perusahaan Coming Through. Perusahaan Swedia itu merombak Honda Gold Wing GL 1800 menjadi alat derek mobil-mobil yang mogok di jalan.

Perusahaan menamakannya Retriever. Moge ini disulap dengan menambahkan sebuah alat penderek dibagian belakangnya sehingga mampu menarik berbagai jenis kendaraan penumpang yang kebetulan sedang mengalami masalah.

Retriever bisa dengan mudah berubah dari sebagai alat transportasi biasa menjadi motor penarik dalam waktu kurang dari 2 menit.

"Kelincahan sepeda motor kini dipilih kala mengurai kemacetan di jalan raya sehingga tidak terbuang waktu percuma," sebut siaran pers Coming Through seperti dilansir Autoevotuion, Kamis (23/9/2010).

Alat penderek pada motor ini dirancang sanggup dioperasikan dengan mudah lewat remote control sehingga sangat efektif kala digunakan saat mengawasi lalu lintas.

Sistem penderek ini disambungkan pula dengan sistim rem dan kemudi bawaan motor. Sehingga ketika digunakan saat menderek mobil yang mogok, motor tidak kehilangan tenaga. Sistem penderek tersebut sepenuhnya dioperasikan secara hidrolik dengan mekanisme independent.

Dengan menggunakan motor sebagai alat derek, tentu memberikan dampak pencegahan kemacetan lalu lintas yang lebih parah ketika ada mobil yang mogok di jalan raya. (Okezone)

Dell Pamer Tablet yang Lebih Besar dari Streak


Pembuat komputer Dell sedang menyiapkan peluncuran sebuah tablet PC baru berbasis Android, dengan layar touchscreen yang lebih besar dari Streak Dell sudah tersedia.

Perusahaan asal Amerika Serikat ini telah memamerkan tablet barunya tersebut, tetapi tidak mengungkapkan informasi spesifik yang tertera di perangkatnya tersebut. Pendiri dan CEO Dell, Michael Dell menunjukkan tablet barunya tersebut ke pengunjung di Oracle Open World di San Francisco, California.

Informasi yang didapat, seperti yang diberitakan Softpedia, Kamis (23/9/2010), perangkat berbasis Android baru ini mempunyai layar 7-inci, yang akan membuatnya sebanding dengan Samsung Galaxy Tab.

Jika demikian, maka kita harus mengharapkan agar perangkat tablet Dell ini akan menawarkan resolusi 800 x 480 piksel, serta RAM 4GB. Spesifikasi lainnya adalah mencakup flash memory 4GB, dilengkapi dengan slot kartu memori SDHC dengan dukungan hingga 32GB sebagai ruang penyimpanan tambahan, bersama dengan kamera 1,3 megapiksel.

Sudah menjadi keharusan fitur Wi-Fi, Bluetooth, pilihan konektivitas 3G dan lainnya juga ada, bersama dengan built-in GPS dan baterai 2100mAh untuk dibenamkan di tablet Dell ini. (Okezone)

Android Keempat Sony Ericsson X8 Makin Terjangkau


Di antara vendor smartphone, Sony Ericsson termasuk yang gencar menggelontorkan perangkat berbasis android. Saat ini sudah tiga model yang dikeluarkannya sejak awal tahun 2010. Semuanya di bawa brand Xperia, dari Xperia X10, X10 Mini, dan X10 Mini Pro. Model keempat siap dirilis Oktober nanti Xperia X8.

Xperia X8 datang dengan tema desain yang tak jauh berbeda dengan tiga pendahulunya. Hanya saja ukurannya lebih kecil daripada X10 namun sedikit lebih besar daripada X10 Mini dan X10 Mini Pro.

"X8 dirancang untuk pengguna yang butuh layar lebih lebar dan harga yang lebih terjangkau," kata Hanny Sanjaya, Business Manager Sony Ericsson Indonesia saat memperkenalkan Xperia X8 di Jakarta, Kamis (23/9/2010). Ukuran layar X8 selebar 3 inci, sedangkan X10 selebar 4 inci dan X10 Mini dan Mini Pro selebar 2,6 inci.

Meski dari sisi ukuran layar sedikit lebih besar, harga yang dibanderol untuk Xperia X8 lebih miring. Sony Ericsson mematok harga perdana antara Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta. Bandingkan dengan harga X10 yang masih di kisaran Rp 6 juta dan X10 Mini dan Mini Pro yang di atas Rp 2,5 juta.

Menurut Hanny, produk-produk smartphone berbasis Android menyasar pengguna muda berusia antara 25-35 tahun. Semua smartphone Sony Ericsson ini menyasar kebutuhan konsumen akan perangkat komunikasi dan hiburan.

Secara tampilan, X8 mirip X10 Mini dan X10 Mini Pro dengan layar muka yang menyediakan navigasi empat sudut. di masing-masing sudutnya bisa diatur menu pilihan untuk memudahkan pengguna mengakses dari satu genggaman sekalipun. Tak lupa fitur Timescape khas Sony Ericsson yang menampilkan aliran update terbaru dari status jaringan di Facebook, Twitter, SMS/MMS, dan miscall untuk memudahkan pengguna melacak jejak komunikasinya. Pada X8, Timescape tak selengkap pada X10 yang juga menampilkan aliran pesan email dan beberapa layanan lainnya.

Sony Ericsson X8 menggunakan prosesor 600 MHz, memori internal 128 MB, dan eksternal 2 GB yang dapat ditingkatkan hingga 16 GB. Platform yang digunakan Android 1.6 namun siap di-upgrade ke Android 2.1 pada November mendatang. Koneksinya mendukung 3G dan HSPA dan WiFi. Akan tersedia dua pilihan model dengan warna putih dan putih dengan kombinasi biru, namun akan juga tersedia warna hitam. (Kompas)

Wednesday, September 22, 2010

Skuter Listrik Mini, Simbol Kebebasan Anak Muda Urban


Baru kemarin Smart menampilkan wujud asli konsep skuter listrik eScooter yang akan dipajang di Paris Motor Show pada akhir bulan ini, sang rival Mini, juga langsung menampilkan sekaligus tiga model Scooter E Concept yang kental dengan nuansa retro.

Konsep studi
Kendati demikian, dalam rilisnya MINI menyebut skuter listrik—masih merupakan konsep studi—merupakan alat transportasi simbol kebebasan anak muda urban masa kini. Maklum, kalau pakai mobil di kota, macetnya minta ampun!

Karena itulah, skuter ini tampil gaya. Dengan demikian, tidak malu-maluin atau boleh dibanggakan dan dijadikan bahan pembicaraan ketika rendevouz atau gaul di kafe-kafe bersama komunitas atau dipakai buat shopping dan sebagainya.

Skuter listrik juga dilengkapi dengan aksesori alat komunikasi dan gadget anak muda masa kini. Misalnya, charger telepon seluler dan sistem hiburan. Juga ada koneksi Bluetooth yang dihubungkan ke helm khusus MINI yang telah dilengkapi dengan mikrofon dan headphone. Jadi, sepanjang jalan pengendaranya bisa menelepon atau mendengarkan hiburan. Tambahan lainnya, skuter juga bisa dilengkapi sistem navigasi biar kagak nyasar atau cepat sampai di tujuan.

Karena itu, penampilan skuter ini berkesan dinamis dan trendi, mirip desain Honda Scoopy. Lampu utama (head light) dipasang di bagian tameng depan unit dan dua lampu sein di kedua sisinya. Selain itu, beberapa aksentuasi krom turut memperkuat kesan vintage yang ditawarkan.

Model pertama bernama Ego untuk mobilitas satu orang saja. Model ini didominasi dengan warna putih dan biru di sekujur "tubuh"-nya. Kedua, model "E", versi ramah lingkungan dibedakan dengan warna abu-abu dan hijau limo muda. Terakhir, "British Racing", paling retro di antara model lainnya. Versi terakhir, untuk menambah kesan lama, bodinya dilabur warna hitam yang dipadu dengan hijau tua dan sentuhan coklat tua di jok. Pijakan kakinya juga memberi kesan "tua".

Seluruh model dibekali motor listrik tunggal yang dipasang di roda belakang. Skuter ini dilengkapi sistem energi regeneratif yang dihasilkan saat mengerem disimpan di baterai lithium-ion. Baterai bisa dicas langsung ke sistem listrik konvensional di rumah-rumah dengan mencolokkan kabel yang berada sisi kiri di bawah sadel.

Kalau baterai penuh, skuter ini bisa diajak muter-muter untuk menempuh jarak 100 kilometer dan bisa dikebut 60 km/jam. Kendati MINI belum menyebut harga, media memperkirakannya 2.500 euro setara Rp 29,9 juta. (Kompas)

Volvo S60 dan V60 R-Design, Makin Mantap Dikebut



Volvo mengumumkan kehadiran varian V60 dan S60 R-Design yang mendapatkan pengembangan sasis dan beberapa sentuhan eksterior. Mobil ini mulai dipasarkan pada Oktober ini dengan target utama Inggris, Amerika Serikat (untuk S60 R-Design), dan Eropa Tengah.

Tampilan eksterior diubah menjadi lebih sporty, terutama depan. Sedangkan di belakang, ujung pipa knalpot didesain kembar plus pelek palang lima, 18 inci dengan bentuk potongan berlian. Mobil ini juga mendapatkan tujuh pilihan warna baru.

Perubahan interior dilakukan pada material kulit yang membalut kabin, yang kini tersedia warna off-black dan ceramic light atau hitam saja. Semuanya dengan aksen jahitan berwarna kontras. Jok model sport, setir, tuas transmisi, pedal-pedal, dan karpet adalah produk eksklusif dari R-Design.

Agar pengendalian mantap, bodi diperkokoh. Untuk itu, dipasang penguat dudukan suspensi depan di ruang mesin. Suspensi belakang menggunakan peredam tabung-tunggal yang disertai pengatur katup kompresi. Dengan ini, cairan peredam kejut bisa mengalir dengan cepat dan menghasilkan respons lebih makin baik.

Tambahan lain, karet yang menjadi dudukan peredam di belakang bodi mobil sekarang 20 persen lebih kuat dibanding S60 dan V60 standar. Ketinggian per depan dan belakang dipangkas 15 mm dan yang menghasilkan kekokohan bertambah 15 persen. Untuk memacunya, Volvo menawarkan mesin bensin dan diesel dengan berbagai kapasitas dan kemampuan menghasilkan tenaga. Dua di antaranya, diesel D3, 164PS, dan bensin T6 bertenaga 304PS. (Kompas)

BMW's All-New 6-Series



BMW will show a thinly-disguised concept version of its new 6-Series coupe at the Paris motor show. BMW has lifted the lid on its new 6-Series ahead of the Paris motor show, unveiling a “concept” coupe the company admits is close to the final production version.

The new 6-Series has lost the awkward boot of the current model and sports a more contoured bonnet and flanks, with a new crease line from the front wheel arches to the rear. The Concept 6-Series Coupe will pave the way for an all-new coupe and convertible 6-Series range that should make its way down-under in mid-2011.

The convertible will arrive ahead of the coupe and there’s also talk of a “shooting brake”-style two-door wagon on the horizon. BMW has previously confirmed it will build a four-door coupe-style limousine based on the Gran Coupe concept car unveiled at the Beijing motor show in April.

BMW Australia spokesman Piers Scott says there’s no word on the shooting brake concept, but suggests there could be “some exciting surprises”, first at Paris, then at Detroit in January next year. The 6-Series concept is shaped around the classic sports coupe bodylines of its predecessors, with a long bonnet and long wheelbase, short front overhang and a cockpit that appears to be positioned miles away from the nose of the car.

The new front end has what BMW describes as a “shark-nose” front end with a new-look grille and LED headlights. At the rear, the styling is more cohesive than the current model, with a revised boot, rear bumper, and an L-shaped tail-light design which incorporates LED brake, blinker, and tail lights.

BMW hasn’t yet confirmed what will power the new 6-Series, but it’s likely that BMW’s 4.4-litre twin-turbo V8 will be available, both in its standard 300kW guise as well as the high-output 408kW version which is borrowed from the sporty X5 and X6 M models. Turbocharged six-cylinder petrol and diesel powerplants are also on the cards.

The interior of the new 6-Series Coupe borrows from the recently-launched 5-Series, but has been designed to be driver-centric, with a centre console that sweeps dramatically up into the dash, separating the driver from the passenger.

There’s also a new 26cm central screen which houses the new 6-Series iDrive system, and also acts as the controller for the Bang & Olufsen stereo system.BMW recently discontinued the current model 6-Series, as well as its optional high-revving V10 engine. (Kompas)

Samsung Galaxy 5 Cuma Rp 1,9 Juta


Setelah merilis Galaxy Spica yang mencatatkan penjualan ponsel Android tertinggi (menurut riset GfK), lalu melepaskan ponsel high end yang high definition yaitu Galaxy S, Samsung Electronics Indonesia melihat peluang untuk segmen new entry masih terbuka lebar.
Sekadar info, sejauh ini pasar ponsel Android memang didominasi oleh ponsel-ponsel di atas Rp 2,5 jutaan. Bahkan tak sedikit yang di kisaran atas Rp 4 juta. Kalaupun ada yang di bawah Rp 2 juta, tercatat hanya dua brand saja, yaitu IMO dan i-Mobile. Nexian yang bermain dengan seri Journey masih jauh di atas ambang harga tersebut. Tentu saja beda harga, beda kualitas.
Namun Samsung tak mau sekadar merilis ponsel dengan spesifikasi seadanya. Seri Galaxy 5 (atau 550) pun dirilis untuk memperkaya segmen di bawah Rp 2 juta. Dan, tampaknya kompetisi di lapis ini tak terlalu padat. Bahkan bisa saja justru menjadi "pahlawan" untuk mendongkrakkan pamor Samsung yang ingin merajai ponsel dengan sistem operasi bikinan Google ini.
Seri Galaxy 550 sudah siap di pasar (bahkan yang BM pun sudah berkeliaran) dengan harga Rp 1,99 juta perak. Walaupun begitu, seri seberat 102 gram ini sudah menggunakan jaringan HSDPA serta dilengkapi dengan Wi-Fi untuk kemudahan akses internet. Yang tak kalah pentingnya, Galaxy 5 telah memakai OS Android versi 2.1 alias Eclair (ini pun masih bisa di up grade).Tak pelak hal ini bahkan melebihi sejumlah ponsel yang telah lebih dulu keluar yang dijual di harga Rp 2,5 jutaan.
Namun memang ada beberapa penyesuaian terhadap harga, seperti misalnya prosesor yang dipakai masih berkecepatan komputasi 600 MHz. Lalu, kameranya pun hanya 2 MP.
Toh Samsung tetap berupaya memberikan sejumlah fitur yang juga dimiliki oleh Galaxy Spica bahkan Galaxy S. Umpamanya fitur Write and Go yang mengenakan teknik Swype untuk pengetikan cepat (memakai metode predictive text input). Lalu, fasilitas SNS (Social Network Service) yang mengkombinasikan beberapa situs jejaring sosial dan blog mikro untuk mempercepat proses up date.
Dengan harga tersebut, Samsung Elctronics Indonesia tampaknya ingin mengedukasi pengguna pemula yang tengah tergila-gila oleh akses internet mobile lewat Facebook atau Twitter. Dengan budget yang layak, berpindah ke ponsel Android tentu saja akan menikmati sebuah pengalaman baru. Khususnya dalam hal unduh-mengunduh dan ber-email ria.
Jika menggunakan istilah komunitas id-Android, Samsung rupanya ingin "meracuni" pengguna untuk memperoleh sesuatu yang lebih kaya, tapi dengan anggaran yang lebih masuk akal. (Kompas)

Yamaha New Scorpio Z, Asik Buat Mejeng dan Touring


Yamaha Scorpio ganti baju. Kini penampilannya lebih stylish, gagah, dan macho. Namun untuk mesinnya masih serupa dengan Scorpio terdahulu.

Manager Technical Support Service Division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Muhamad Abidin menilai, kini Scorpio bisa diajak mejeng tapi juga masih tangguh dibawa touring atau menjelajah.

"Dulu mungkin Scorpio hanya identik dengan motor penjelajah, tapi sekarang kita pikirkan pula desainnya agar bisa juga dipakai bergaya," papar dia ketika ditemui di Cafe Le Bride, Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Ia menyebutkan, perubahan wajah Scorpio ini seiring hadirnya motor sport terbaru lainnya dari Yamaha, yakni Byson. "Banyak yang komentar Byson hadir dengan penampilan yang begitu gagah lantas apakah akan mengubur Scorpio? Nah ini jawabannya," kekeh Abidin.

Rombakan pada desain headlamp yang mengadopsi lampu depan FZ8 serta bodi yang dicomot dari Yamaha MT-01 dan stoplamp menggunakan LED, kata dia, jelas meningkatkan penampilan New Scorpio. "Sekarang gak kalah gaya dengan Byson," ucapnya.

Sedangkan untuk kemampuannya, YMKI menilai mesin 223 cc 4-tak SOHC air cooled masih sanggup digunakan untuk keperluan touring bagi biker yang gemar menjelajah.

Mesin yang serupa dengan generasi Scorpio sebelumnya ini tetap memiliki daya 18,2 PS pada 8.000 rpm dengan torsi puncak hingga 17.5 NM di putaran 6.500 rpm.

Kaki-kakinya pun tak mengalami banyak perubahan. New Scorpio masih menggunakan ban berukuran 80/100-18 di depan serta 100/90-18 pada bagian belakang. Untuk ban depan disandingkan dengan rem cakram, sementara ban belakang masuh menganut rem tromol. (Okezone)

Inilah Calon Bus Tercepat di Dunia


Bila jadi dibuat, mungkin ini akan jadi bus tercepat. Pasalnya, Superbus ini mampu berjalan dengan kecepatan 250 km/jam.

Kendaraan tersebut akan secara resmi disajikan oleh Delft University of Technology di Jerman. Bus ini kabarnya sedang diuji oleh penemu Belanda Wubbo Ockels beserta tim insinyur dan mahasiswa.

Tes terakhir, dilakukan di Lelystad Belanda. Saat itu kendaraan tersebut mencapai kecepatan tertinggi 80 km/jam.

Kendaraan ini secara finansial telah didukung oleh pemerintah Belanda, yang menurut The Telegraph sudah ditanamkan sejumlah besar uang ke dalam pengembangan Superbus itu. Tujuannya adalah agar pemerintah dapat memiliki kendaraan di jalan-jalan Belanda sesegera mungkin.

Kendaraan yang mampu berjalan pada kecepatan tinggi tersebut dapat memuat 23 orang. Sasis kendaraan tersebut menggunakan aluminium yang terbungkus serat karbon dan fitur variable ground clearance, yang memungkinkan untuk menjadi lebih rendah sekitar 7 cm untuk meningkatkan aerodinamis yang lebih saat ngebut.

Superbus tersebut menggunakan 750 sensor untuk mendeteksi semua penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman dan melihat obyek di jalan. Kendaraan tersebut rencananya akan menggunakan motor listrik yang didukung oleh baterai lithium polimer.

Dengan kondisi baterai penuh, bus tersebut mampu menempuh jarak hingga 210 km dan memiliki output tenaga puncak sebesar 600 kW untuk satu menit atau sekitar 804 hp.

Bagian dalam Superbus itu diharapkan mirip dengan kenyamanan yang ditawarkan oleh kelas bisnis di pesawat terbang. (Okezone)

Produksi Perdana Hyundai Solaris dari Rusia



Hyundai Motor Co., kemarin (21/9/2010) memperkenalkan versi produksi Hyundai Solaris yang dipasar global nanti pakai nama Accent dan di Korea Selatan Verna. Agustus lalu, sosok mobil ini sempat hadir di ajang Moscow International Motor Show sebagai mobil konsep RB. Solaris menjadi produksi perdana Hyundai di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Russia (HMMR).

Meski berplatform sama dengan Accent yang lebih dulu hadir di Beijing Motor Show bulan April, tapi tampilan eksterior Solaris agak beda. Di bagian depan, lampu kabut model bumerang, lampu depan berkesan lebih ramping dan landai, serta gril berbentuk heksagonal. Hanya bagian belakang dan interiornya yang tampil serupa dengan Accent.

Kondisi lingkungan Rusia yang "berat" membuat Hyundai memberikan beberapa fitur yang hanya terdapat pada model ini. Antara lain, tabung penyimpanan air wiper berkapasitas 4 liter (dengan sensor kapasitas minimal) dan lampu depan berkemampuan tinggi (1.500 jam). Hyundai juga menggunakan aki berukuran 60 Ah untuk mempermudah menyalakan mesin dalam kondisi cuaca dingin, penahan lumpur di roda depan dan belakang serta saluran penghangat di bangku belakang.

Untuk model yang dijual di Siberia, mendapat tambahan kelengkapan, antara lain wiper dengan pencair es, bangku pengemudi dan penumpang depan yang dilengkapi pemanas, kaca spion dengan pemanas serta "Sinyal Henti Darurat" yang menyala otomatis jika terjadi kecelakaan.

Solaris punya dua pilihan mesin bensin, 4-silinder segaris 1,4 liter dan 1,6 liter, yang keduanya berteknologi Continuously Variable Valve Timing (CVVT). Mesin 1.4 liter bertenaga 105 PS dan torsi 136 Nm. Sedangkan mesin 1.6 liter, menghasilkan tenaga 121 PS dan torsi puncak 154 Nm. Kedua mesin dapat dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Pada varian tertinggi, Solaris menyediakan enam kantung udara, termasuk electronic stability control, untuk menjamin keselamatan berkendara. Hyundai mulai menjual Solaris di Rusia mulai awal 2011 dengan target 85.000 unit, termasuk varian hatchback yang akan hadir akhir 2011. Masih belum ada informasi sedikitpun soal harga jualnya. (Kompas)

Daihatsu Lepas Terios Facelift Awal Oktober


Daihatsu meluncurkan versi teranyar Terios Facelift awal Oktober mendatang. Meski minor change, perubahan yang dilakukan pada interior ataupun eksterior lumayan banyak.

Sumber dari internal PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberi informasi kepada Kompas.com bahwa perubahan pada eksterior meliputi gril, lampu depan (head light), dan lampu belakang (back light) menggunakan mika transparan.

Bagian dalam kabin didominasi warna abu-abu dikombinasi dengan krem. Tampilan dashboard juga lebih fresh dengan beberapa fitur baru seperti audio integrated dan lingkar kemudi kini terdapat tombol multifungsi.

Untuk meningkatkan kenyamanan, beberapa perbaikan dilakukan pada suspensi sehingga jauh lebih empuk. Selain itu, Terios baru dibekali sistem eletronic power steering yang bisa meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar hingga 6 persen.

"Kelebihan lain yang dimiliki Terios baru, akses masuk di bangku ke tiga kini jauh lebih ergonomis ketimbang tipe lawas. Selain itu, bangku belakang (baris ketiga) bisa dilipat dengan komposisi 50:50," ujar sumber yang tak mau disebutkan namanya kepada Kompas.com, hari ini.

Terios ditawarkan dalam dua warna baru, yakni putih (sebelumnya limited) dan abu-abu. Sementara warna lain yang sudah ada di pasar mengalami sedikit perubahan sehingga lebih fresh.

Soal harga, sumber tadi belum mau memberi angka pasti. (Kompas)

Tunggu Tablet BlackBerry Minggu Depan


Rumor soal tablet BlackBerry yang tengah dikembangkan Reserach In Motion atau RIM sudah beredar sejak beberapa bulan terakhir. Informasi terakhir, RIM dikabarkan bakal memperkenalkannya minggu depan pada acara Blackberry Devcon di San Francsisco, AS.

Adalah situs Wall Street Journal yang menyebarkan kabar burung tersebut, Selasa (21/9/2010). Mengutip sumber dalam RIM yang tidak mau disebut namanya, tablet tersebut mungkin menggunakan layar sentuh 7 inci dan mungkin dilengkapi satu atau dua kamera.

Perangkat tersebut tidak dapat terkoneksi langsung lewat jaringan seluler, tetapi punya koneksi broadband, mungkin WiFi. Namun, ia bisa dihubungkan dengan BlackBerry sebagai modem.

Sistem operasi yang digunakan kemungkinan tidak sama dengan BlackBerry. Tablet yang sempat disebut dengan nama Blackpad ini katanya menggunakan sistem operasi baru yang dikembangkan QNX Software Systems. (Kompas)

Debut Kia Optima Hybrid di Los Angeles


Kia Optima Hybrid akan melakukan debut di Los Angeles Auto Show November mendatang. Hal ini terungkap saat peluncuran Kia Optima 2011 untuk pasar Amerika Serikat, Rabu (22/9/2010).

Optima terbaru ini berplatform sama dengan Hyundai Sonata. Sedan menengah pesaing Toyota Camry dan Honda Accord ini menawarkan pilihan mesin 2,4 liter 200PS dan mesin 2,0 liter dengan turbocharger 274PS dengan konsumsi bahan bakar 12,2 km/liter.

Optima hibrida akan menggunakan mesin Theta II, 2,4 liter 169PS yang akan dikombinasikan dengan motor listrik yang juga digunakan Sonata Hybrid. Motor listrik mampu menambah tenaga 30PS.

Model hibrida ini diharapkan konsumsi bahan bakar 13,3 km/liter di dalam kota dan 14,1 km/liter di jalan tol. Mobil ini juga dapat beroperasi dengan mode listrik saja, namun kecepatannya dibatasi maksimal 100 km/jam. (Kompas)

Tuesday, September 21, 2010

Penjualan Nokia N8 Kembali Tertunda


Nokia kembali menunda peluncuran Nokia N8 dari rencana semula akhir September menjadi bulan Oktober. Pengumuman ini mengejutkan karena hanya berselang kurang dari sepekan sejak produk tersebut bersama jajaran ponsel baru lainnya digembar-gemborkan dalam ajang Nokia World di London, Inggris.

"Di beberapa negara, kami berencana memulai membuka pemesanan N8 kepada konsumen mulai akhir September. Untuk memastikan pengalaman terbaik buat pengguna, kami memutuskan untuk menunda pengiriman selama beberapa minggu untuk melakukan sejumlah penyempurnaan," ujar pernyataan resmi yang dirilis Nokia, Selasa (21/9/2010).

N8 merupakan produk andalan Nokia yang menggunakan sitem operasi Sympyan^3 untuk pertam kalinya. Produk ini disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat iPhone buatan Apple dan sejumalh smartphone berbasis Android yang telah beredar di pasaran saat ini.

Sejumlah analis pasar menilai N8 merupakan senjata Nokia untuk menjawab tantangan Apple yang mulai menggerus pasarnya terutama di ranah smartphone. Meski masih menguasai pasar ponsel secara keseluruhan, sukses tidaknya N8 akan menentukan masa depan Nokia di pasar smartphone yang terus meningkat.

"Sebuah perangkat biasanya tidak punya pengaruh penting buat pengembangan Nokia. Namun, dengan N8, perusahaan tersebut punya peluang lebih," ujar analis dari FIM Bank. Karenanya, penundaan N8 untuk kedua kalinya bisa jadi preseden buruk dan mengancam target pendapatan Nokia di kuartal ketiga. (Kompas)

Debut Tablet HP Ditemani Printer


Hewlett Packard (HP) akhirnya merilis juga produk komputer tablet buatannya. Tablet tersebut berlayar sentuh 7 inci seukuran Galaxy Tablet buatan Samsung, lebih kecil daripada iPad buatan Apple yang berlayar 9,7 inci.

Namun, tablet yang dirilis pertama itu bukan sebagai produk tersendiri, melainkan sebagai pelengkap salah satu printer terbarunya. Tablet tersebut berfungsi sebagai panel kontrol nirkabel untuk mengoperasikan printer tipe Photosmart e-Station.

"Tablet ini bisa digunakan untuk memindahkan dan mencetak dokumen dan gambar dari berbagi perangkat media dan dapat juga digunakan untuk saling menukar konten antara perangkat-perangkat tersebut," kata Vyomesh Joshi, executive vice president HP's imaging and printing group dalam konferensi pers di New York, Senin (20/9/2010) kemarin.

Di dalamnya sudah dilengkapi aplikasi khusus untuk mengatur cetakan untuk konten-konten berformat khusus seperti laporan cuaca, kliping, e-book, dan tiket pesawat. Dengan demikian, hasil cetakannya bisa optimum sesuai format yang diinginkan.

Perangkat tersebut juga dirancang untuk bisa mengakses internet untuk memperoleh berbagai konten berbasis web yang perlu untuk dicetak. HP menggandeng Yahoo! untuk membuat aplikasi widget khusus untuk mengakses informasi cuaca, artikel olahraga, laporan bursa, dan lainnya dan tersedia pilihan langsung untuk mencetak ke printer. HP juga sudah menggandeng maskapai penerbangan Delta Airlines sehingga pengguna tablet dan printer tersebut bisa langsung mencetak pesanan tiket penerbangan.

Tak dirinci sistem operasi yang digunakan HP dalam tablet tersebut dalam datasheet-nya. Ta[i yang pasti bukan Microsoft Windows. Tampilannya juga tak mirip Palm Web OS yang baru diakusisi HP. Sejumlah pengamat memperkirakan platform Android 2.1 yang digunakan HP. Meski dapat mengakses internet, tablet tersebut mungkin tak mendukung akses ke layanan download aplikasi. Selain Yahoo!, tampak aplikasi Facebook dan browser web.

Printer Photosmart e-Station yang dilengkapi tablet tersebut akan dibanderol seharga 399 dollar AS. (Kompas)

Tiga Seri QX Perkuat Barisan "Notebook" Samsung


Samsung Electronics Co Ltd sebenarnya sudah cukup lama memproduksi notebook dan netbook. Namun, baru satu tahun belakangan ini nama produk Samsung tersedia di bursa komputer nasional. Hal ini tak lepas dari meningkatnya permintaan akan komputer jinjing pada akhir 2009 lalu. Beberapa seri netbook Samsung yang disiapkan untuk pasar lokal bahkan cukup jadi perhatian, tetapi bedanya, Samsung menambahkan widgets khusus sehingga pengguna tak perlu melakukan akses melalui menu Windows.
Di sisi lain, sebagai produsen chip dan semikonduktor yang disebut-sebut bakal mengalahkan dominasi Intel beberapa tahun ke depan, ternyata Samsung justru menggandeng seterunya menjadi mitra. Hal ini bisa terlihat pada produk yang dirilis di Berlin Jerman, September silam. Seri QX yang dirilis dalam tiga seri (QX310, QX410, dan QX510) memakai prosesor Intel Core i5.
Namun, di balik pemakaian prosesor dan chip buatan Intel, Samsung sesungguhnya ingin menunjukkan dua hal pada seri ini. Pertama adalah notebook yang memiliki kekuatan dalam kinerjanya. Hal ini bisa terlihat pada fitur-fitur multimedia dan komunikasinya. Selain prosesor tadi, faktor tampilan grafis jadi perhatian pula. Graphic card dari nVIDIA lalu jadi modal utamanya. Hal itu akan sangat terlihat ketika memainkan game dan memutar video high definition.
Tombol kontrol agar bermultimedia lebih mengesankan. Juga tambahan dua speaker (masing-masing sebesar 1,5 watt) untuk melepaskan sinyal audio yang didukung oleh sebuah fitur 3D SRS Premium Sound.
Dalam hal pasokan tenaga, khususnya bagi pengguna mobile, sebuah teknologi baru dikenalkan. Namanya Samsung Express Changing Mode. Ini tak lain sebuah metode untuk mempersingkat masa pengisian baterai, di mana tenaga segera terpasok penuh hanya dalam tempo 2-3 jam. Sebuah baterai jenis lithium ion (6 sel) digunakan untuk menjaga agar pemakaian dapat dilakukan selama maksimal 6,9 jam.
Fitur lain, selain yang disediakan oleh Windows 7, juga dipasok oleh Samsung, antara lain Fast Start yang hanya membutuhkan tiga detik untuk mengaktifkan notebook pertama kali dan layar pun terbuka. Kemudian fitur Samsung AllShare yang tengah didengungkan oleh pabrikan ini pada berbagai perangkatnya agar dapat saling terhubung satu-sama lain dalam men-share data. Misalnya, antara ponsel dengan notebook dan televisi secara nirkabel. Juga fitur sejenis bernama Easy File Share.
Jika Anda pengguna gadget yang punya beberapa jenis perangkat bergerak, isi ulang baterai dapat menggunakan notebook ini. Sebuah fitur bernama Sleep and Charge yang menggunakan port USB sebagai koneksinya akan melakukan isi ulang tenaga ke ponsel, MP3, dan lainnya.
Faktor kedua yang ingin disampaikan oleh Samsung adalah desain. Sudah tak musim lagi model besar dan tebal. Sebaliknya, QX dirancang tipis, clean, bagian luar terbuat dari material yang solid dan antigores. Penutup samping disiapkan agar rongga pada port tak mudah kena debu.
Sementara itu, demi kenyamanan pengoperasian, keyboard-nya dirancang sedemikian rupa hingga kelihatan lebar. Juga tersedia gesture pad yang meningkatkan presisi, akurasi, dan kecepatan pengoperasian.
Seongwoo Nam, Executive Vice President dan Head of IT Solutions Business Samsung Electronics, pantas menyebut seri dengan tiga pilihan layar (13,1 inci, 14 inci, dan 15,6 inci) ini sebagai sebuah masterpiece dari keseluruhan bisnis komputer perusahaannya. (Kompas)

Layar Sony Ericsson Vivaz Makin Ceria


Sony Ericsson Indonesia tampaknya sangat menunggulkan seri Vivaz. Salah satu faktanya adalah pengayaan dan peningkatan fiturnya. September ini, sebuah user interface baru diberikan pada seri dengan sistem operasi Symbian 60 ini. Antarmuka bernama SPB Mobile Shell ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan ponsel lebih cepat dan tentu saja tampilan layar menjadi lebih ceria. Selain itu responnya juga lebih cepat, dengan begitu pengguna tak mengalami jeda ketika menghidupkan salah satu fitur, misalnya kamera.
"SPB Mobile Shell dapat disesuaikan (dengan keinginan pengguna, RED) dan memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman optimal dari seri Sony Ericsson Vivaz dan Vivaz Pro," ujar Sebastian-Justus Schmidt, CEO SPB Software yang berbagai aplikasinya sudah banyak digunakan orang itu.
Adapun keunggulan aplikasi ini antara lain; -seperti disebut Schmidt- pengguna bebas membuat tampilan layarnya, bahkan termasuk tampilan 3D Carousel yang impresif itu. Kemudian menu dan ikon yang tampil di layar utama sangat mudah disentuh, responsif, dan tak lag.Tentu saja layar desktop lebih bervariasi. Anda juga bisa mengelola menu dengan menggunakan widgets, layaknya mengorganisir menu-menu pilihan dalam satu cluster. Dan, akses ke menu lain lebih cepat. (Kompas)

Setelah Ponsel, Samsung Tawarkan Tablet Android


Fokus Samsung Mobile untuk menjadi vendor pemasok perangkat Android semakin jelas saja. Setelah merilis tak kurang dari 23 ponsel Android dari berbagai seri dan harga, kali ini pabrikan ini memastikan sebuah tablet Android. Secara umum, Samsung Mobile memang paling siap.
Sebagai pemimpin industri semikonduktor, Samsung memang memiliki segalanya dan sangat terbuka mengembangkan berbagai perangkat mobile digital. Lahirnya Samsung Tablet P1000 yang merupakan bagian dari keluarga Galaxy adalah buktinya.
Inspirasinya boleh jadi dari iPad. Namun fungsinya justru melebihi iPad yang tak bisa untuk melakukan panggilan dan SMS. Galaxy P1000 dirilis untuk melakukan fungsi telefoni maupun akses internet, khususnya untuk mengoptimalkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google. Bahkan untuk memberi pengayaan, Samsung pun mengembangkan toko aplikasi bernama Samsung Apps.
Seri P1000 sendiri berukuran lebih kecil dan ringan dibandingkan iPad. Hanya 19 x 12 cm saja, dengan ketebalan 1,2 cm. Dengan begitu cara membawanya pun lebih mudah ketimbang iPad.
Menggunakan layar berukuran 7 inci yang sarat dengan teknologi layar sentuh masa kini. Umpamanya saja sensor akselerometer untuk memindahkan tampilan dari portrait ke landscape dan sebaliknya, tambahan sensorsentuh yang lebih sensitif, sensor baru bernama three-axis gyro. UI TouchWiz yang menjadi teknologi standar perangkat touchscreen Samsung pun dipakai pula di seri ini. Sudah begitu, untuk menajamkan grafis pada layar resolusi 600 x 1024 pixel ini dikenakan sebuah PowerVR SGX540.
Serunya, OS Android yang dipakai telah memakai versi terbaru (Froyo). Sangat sesuai dengan banyak permintaan pengguna Android. Untuk menjaga performanya, Samsung menggandeng ARM untuk mengangsurkan prosesor Cortex-nya jenis A8 yang memiliki kecepatan komputasi hingga 1 GHz.
Untuk memberikan kebebasan tanpa syarat, tablet seberat 380 gram ini menyediakan akses jaringan dalam semua jenis, baik jaringan seluler HSDPA maupun Wi-fi. Tak perlu menggunakan SIM Card mikro untuk itu. Karena Samsung memang tak neko-neko, alias masih setia dengan kartu SIM ukuran biasa.
Dengan segala fungsi dan kinerjanya dimana sanggup melakukan multitasking (layarnya siap untuk multitouch), banyak yang berharap bahwa kelak para developer Android bisa lebih kreatif. Sebab, apalah artinya sebuah tablet, jika tak didukung oleh software yang menarik dan fungsional. Di sinilah iPad unggul berkat aplikasinya yang belum tertandingi. (Kompas)

Monday, September 20, 2010

Bikin Gahar Yamaha V-Max


Sejatinya Yamaha V-Max sudah punya tampilan gahar. Namun bila yang masih tidak puas maka Yamaha menyediakan asesoris terbaru untuk VMAX.

Asesoris ini tersedia untuk V-Max lanisran 2009-2010. Yang semuanya tentu bisa membuat tunggangan berlambang garpu tala itu makin gahar.

"Bagian-bagian yang dipasangkan asesoris tentu akan membuat V-Max Anda makin terlihat wow!" sebut Topspeed, Selasa (21/9/2010).

Pertama-tama, buang pelek V-Max lawas dan ganti dengan Wide Wheel V-Max. Didesain lebih lebar, pelek baru ini tersedia dalam satu paket termasuk bearings, seal, o-ring, collar, screw, dan valve stem.

Selanjutnya agar makin berkesar "liar" maka bisa pilih asesoris air intake cover berkelir krom. Jangan luput pula knalpot krom dipilih agar ada aksen kilauan pada motor tersebut.

Bila terasa masih kurang, penggunaan boks samping dengan pilihan warna hitam dan merah bisa memakin mendongkrak penampilan V-Max. Dan tentu saja alat ini bisa lebih fungsional. (Okezone)

Thursday, September 16, 2010

Motor Terbesar di Dunia Dilego Rp2,2 Miliar

Foto: Motorcycle

Gunbus 410. Begitu motor ini disebut. Sesuai namanya, ternyata Gunbus merupakan motor terbesar di dunia.

Mau bukti? Motor yang dibangun oleh perusahaan Leonhardt Manufacturing tersebut memiliki panjang 3,44 meter. Bandingkan dengan panjang motor pada umumnya yang rata-rata berada pada kisaran 1 meter - 2 meter.

Sementara untuk mesinnya menggunakan dapur pacu berkapasitas 410 inci kubik V-Twin yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 350 HP dengan torsi hingga 523 Nm. Mirip daya sebuah mobil sport bukan?!

Bila punya kekuatan yang cukup untuk mengendalikan motor jumbo ini, maka bisa saja tembus hingga kecepatan 250 km/jam. Demikian dikutip dari Motorcycle.com, Jumat (17/9/2010).

Kekuatan itu ternyata akibat Clemens Leonhardt sebagai pendiri perusahaan menjejalkan mesin yang diadopsi dari pesawat jet Boeing 746 yang dibuat khusus di Jerman. Mesin sebesar itu dipadu dengan ban depan berukuran 38 inci x 11 inci dan ban belakang 42 inic x 15 inci.

Secara matematika, maka penggunaan semua bagian yang serba raksasa tentu membuat Gunbus 410 memiliki bobot dua kali mobil bermesin V-Twin atau empat kali lipat berat motor Harley Twin Cam.

Prototipe perdana Gunbus 410 sempat melakukan debut kepada publik dunia pada awal 2008. Dan asyiknya, jika Anda berminat, Leonhardt yang merupakan pencipta kendaraan-kendaraan aneh melepasnya untuk umum dengan harga 190.000 Euro atau sekira Rp2.2 miliar.

Tertarik? SIlahkan saja, asalkan Anda bisa mengendarai motor ini! (Okezone)

Yamaha New Scorpio Meluncur Pekan Depan


Yamaha akan meluncurkan Scorpio dengan penampilan baru (facelift) di Ancol, Jakarta Utara, awal pekan depan. Selanjutnya, sepeda motor sport andalan Yamaha ini akan diuji dengan turing mini dari Malang, Jawa Timur, ke kawasan Gunung Bromo. Informasi lainnya, kegiatan ini juga diikuti saudara bungsunya, Byson.

Rencana peluncuran Scorpio baru sudah bocor sejak awal Juli lalu ketika gambarnya muncul di internet. Perubahan yang sangat kentara adalah tangki dengan ukuran lebih besar ditambah shroud seperti Honda Tiger. Perubahan lain, lampu utama (depan-belakang), sisi samping motor, knalpot, lampu sein, dan sepatbor belakang.

Mesin tak ada perubahan. Demikian juga dengan sasis, sama dengan yang lama, termasuk desain dan ukuran pelek 18 inci, rem cakram depan, dan tromol (belakang).

"Sabar-sabar. New Scorpio mulai dipasarkan Oktober ini. Peluncuran untuk media akan dipimpin langsung Pak Dyon," ujar Paulus Suranto, General Manager Penjualan Pemasaran dan Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), hari ini. Juga belum ada informasi harganya! (Kompas)