Wednesday, September 22, 2010

Inilah Calon Bus Tercepat di Dunia


Bila jadi dibuat, mungkin ini akan jadi bus tercepat. Pasalnya, Superbus ini mampu berjalan dengan kecepatan 250 km/jam.

Kendaraan tersebut akan secara resmi disajikan oleh Delft University of Technology di Jerman. Bus ini kabarnya sedang diuji oleh penemu Belanda Wubbo Ockels beserta tim insinyur dan mahasiswa.

Tes terakhir, dilakukan di Lelystad Belanda. Saat itu kendaraan tersebut mencapai kecepatan tertinggi 80 km/jam.

Kendaraan ini secara finansial telah didukung oleh pemerintah Belanda, yang menurut The Telegraph sudah ditanamkan sejumlah besar uang ke dalam pengembangan Superbus itu. Tujuannya adalah agar pemerintah dapat memiliki kendaraan di jalan-jalan Belanda sesegera mungkin.

Kendaraan yang mampu berjalan pada kecepatan tinggi tersebut dapat memuat 23 orang. Sasis kendaraan tersebut menggunakan aluminium yang terbungkus serat karbon dan fitur variable ground clearance, yang memungkinkan untuk menjadi lebih rendah sekitar 7 cm untuk meningkatkan aerodinamis yang lebih saat ngebut.

Superbus tersebut menggunakan 750 sensor untuk mendeteksi semua penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman dan melihat obyek di jalan. Kendaraan tersebut rencananya akan menggunakan motor listrik yang didukung oleh baterai lithium polimer.

Dengan kondisi baterai penuh, bus tersebut mampu menempuh jarak hingga 210 km dan memiliki output tenaga puncak sebesar 600 kW untuk satu menit atau sekitar 804 hp.

Bagian dalam Superbus itu diharapkan mirip dengan kenyamanan yang ditawarkan oleh kelas bisnis di pesawat terbang. (Okezone)

No comments:

Post a Comment