Thursday, September 30, 2010

Jaguar Buat Mobil Sport Listrik


Dalam rangka menandai 75 tahun desain merek icon, XK 120 tipe C dan tipe D XJ13. Jaguar akan memperkenalkan supercar terbarunya yang akan menggunakan nama C-X75.

Menurut Jaguar, mobil C-X75 tersebut dirancang sebagai mobil listrik dua kursi, dan dapat mengekplorasi batas terluar dalam hal performa

Mobil itu direncanakan dapat bersaing dengan Bugatti, yang akan mencapai kecapatan 300 km/jam dalam waktu 15,7 detik, lebih dari satu detik lebih cepat dari Bugatti Veyron.

Mobil konsep ini menggunakan empat motor listrik bertenaga 195-tenaga kuda pada setiap rodanya. Sehingga bila dikalkulasi, akan muncul tenaga sebesar 780 hp.

Selain itu dipasang juga gas turbin yang dapat berputar sampai 80.000 rpm, sehingga menghasilkan tenaga sebesar 188 hp untuk mengisi baterai dan memperluas daya jelajah mobil sampai 560 miles tanpa henti.

Mobil tersebut sanggup meluncur dari 0-100 km/jam dalam 3,4 detik. Sumber listrik itu sendiri disimpan di baterai ion lithium.

Menurut Callum sebagai sang desainer, kendati bertampang tenang dan menonjolkan desain dengan citarasa seni yang tinggi, namun C-X75 memiliki karisma sebagai supercar sejati. “Anda bisa saja membantahnya, tetapi ini merupakan penghormatan yang layak atas 75 tahun desain ikon Jaguar tersebut,” lanjutnya. (Okezone)

No comments:

Post a Comment