Wednesday, September 22, 2010

Produksi Perdana Hyundai Solaris dari Rusia



Hyundai Motor Co., kemarin (21/9/2010) memperkenalkan versi produksi Hyundai Solaris yang dipasar global nanti pakai nama Accent dan di Korea Selatan Verna. Agustus lalu, sosok mobil ini sempat hadir di ajang Moscow International Motor Show sebagai mobil konsep RB. Solaris menjadi produksi perdana Hyundai di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Russia (HMMR).

Meski berplatform sama dengan Accent yang lebih dulu hadir di Beijing Motor Show bulan April, tapi tampilan eksterior Solaris agak beda. Di bagian depan, lampu kabut model bumerang, lampu depan berkesan lebih ramping dan landai, serta gril berbentuk heksagonal. Hanya bagian belakang dan interiornya yang tampil serupa dengan Accent.

Kondisi lingkungan Rusia yang "berat" membuat Hyundai memberikan beberapa fitur yang hanya terdapat pada model ini. Antara lain, tabung penyimpanan air wiper berkapasitas 4 liter (dengan sensor kapasitas minimal) dan lampu depan berkemampuan tinggi (1.500 jam). Hyundai juga menggunakan aki berukuran 60 Ah untuk mempermudah menyalakan mesin dalam kondisi cuaca dingin, penahan lumpur di roda depan dan belakang serta saluran penghangat di bangku belakang.

Untuk model yang dijual di Siberia, mendapat tambahan kelengkapan, antara lain wiper dengan pencair es, bangku pengemudi dan penumpang depan yang dilengkapi pemanas, kaca spion dengan pemanas serta "Sinyal Henti Darurat" yang menyala otomatis jika terjadi kecelakaan.

Solaris punya dua pilihan mesin bensin, 4-silinder segaris 1,4 liter dan 1,6 liter, yang keduanya berteknologi Continuously Variable Valve Timing (CVVT). Mesin 1.4 liter bertenaga 105 PS dan torsi 136 Nm. Sedangkan mesin 1.6 liter, menghasilkan tenaga 121 PS dan torsi puncak 154 Nm. Kedua mesin dapat dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Pada varian tertinggi, Solaris menyediakan enam kantung udara, termasuk electronic stability control, untuk menjamin keselamatan berkendara. Hyundai mulai menjual Solaris di Rusia mulai awal 2011 dengan target 85.000 unit, termasuk varian hatchback yang akan hadir akhir 2011. Masih belum ada informasi sedikitpun soal harga jualnya. (Kompas)

No comments:

Post a Comment