Wednesday, September 22, 2010

Yamaha New Scorpio Z, Asik Buat Mejeng dan Touring


Yamaha Scorpio ganti baju. Kini penampilannya lebih stylish, gagah, dan macho. Namun untuk mesinnya masih serupa dengan Scorpio terdahulu.

Manager Technical Support Service Division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Muhamad Abidin menilai, kini Scorpio bisa diajak mejeng tapi juga masih tangguh dibawa touring atau menjelajah.

"Dulu mungkin Scorpio hanya identik dengan motor penjelajah, tapi sekarang kita pikirkan pula desainnya agar bisa juga dipakai bergaya," papar dia ketika ditemui di Cafe Le Bride, Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Ia menyebutkan, perubahan wajah Scorpio ini seiring hadirnya motor sport terbaru lainnya dari Yamaha, yakni Byson. "Banyak yang komentar Byson hadir dengan penampilan yang begitu gagah lantas apakah akan mengubur Scorpio? Nah ini jawabannya," kekeh Abidin.

Rombakan pada desain headlamp yang mengadopsi lampu depan FZ8 serta bodi yang dicomot dari Yamaha MT-01 dan stoplamp menggunakan LED, kata dia, jelas meningkatkan penampilan New Scorpio. "Sekarang gak kalah gaya dengan Byson," ucapnya.

Sedangkan untuk kemampuannya, YMKI menilai mesin 223 cc 4-tak SOHC air cooled masih sanggup digunakan untuk keperluan touring bagi biker yang gemar menjelajah.

Mesin yang serupa dengan generasi Scorpio sebelumnya ini tetap memiliki daya 18,2 PS pada 8.000 rpm dengan torsi puncak hingga 17.5 NM di putaran 6.500 rpm.

Kaki-kakinya pun tak mengalami banyak perubahan. New Scorpio masih menggunakan ban berukuran 80/100-18 di depan serta 100/90-18 pada bagian belakang. Untuk ban depan disandingkan dengan rem cakram, sementara ban belakang masuh menganut rem tromol. (Okezone)

No comments:

Post a Comment