Sunday, September 26, 2010

Yamaha Betik "Lexam" Siap Masuk Pasar


Yamaha segera menjajaki segmen baru, bebek matik (betik) ke pasar sepeda motor nasional. Kabar ini terkuak dari fakta, pendaftaran sepeda motor baru ini di Kementerian Perindustrian pada 24-06-2010.

Pada data tersebut, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sudah mengajukan jumlah produksi, 4.000 unit sampai akhir tahun. Berarti, selangkah lagi memasarkannnya.

Semula, diprediksi Yamaha hanya menyisakan dua “peluru” di semester kedua tahun ini, yaitu Byson dan New Scorpio Z. Ternyata ada model yang disegarkan dan total baru secara teknologi.

Betik yang diberi nama Lexam di Vietnam, diinformasikan berbeda dengan kompetitornya yang sudah ke pasar Indonesia duluan, yaitu Honda Revo Techno AT.

Konsep bentik Honda adalah bebek yang diganti transmisinya, dari manual ke CVT namun pengoperasian rem belakang tetap melalui pedal atau dioperasikan dengan kaki.

Lexam, pegoperasian kedua rem (depan dan belakang) dengan tuas di setang. Informasi lainnya, pasokan bahan bakar masih tetap sistem karburasi (karburator), belum injeksi (njektor).

Eiji Tada, Wakil Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia pernah mengatakan, "Kami akan luncurkan Lexam pada kuartal terakhir tahun ini. Bukan di Jakarta Motorcycle Show (JMS), tetapi sekitar waktu itulah! "

Kabar terakhir, Yamaha malah akan meluncurkannya pada awal 2011. Pasalnya, belajar dari Honda Revo Techno AT, penjualannnnya belum menggembirakan. Pasti ada faktor lain, misalnya harga - lantaran menggunakan sistem injeksi – menjadi lebih mahal. (Kompas)

No comments:

Post a Comment