Wednesday, September 1, 2010

Kia Sportage Siap Menyusul Tucson


Setelah Hyundai meluncurkan Tucson di ajang IIMS lalu, kini giliran saudaranya Kia akan memasukkan SUV Sportage pada kuartal terakhir tahun ini. PT Kia Motor Indonesia (KMI), ATPM Kia di Tanah Air tampak mengubah strategi bisnis karena semula rencananya memboyong sedan Cerato alias Forte.

Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran KMI menjelaskan, setelah dilakukan studi, ternyata pasar medium SUV jauh lebih potensial. "Kami akan pasok dalam bentuk terurai (completely knocked down/CKD) dari Korea (Selatan). Rasanya dimulai kuartal terakhir tahun ini," tegas Hartanto di sela bukber dengan Wartawan di FX, Jakarta Selatan, semalam.

KMI akan memberi tiga pilihan alternatif mesin untuk pasar Indonesia, yakni 2,0 liter bensin dan diesel serta 2,4 liter bensin yang keduanya menggunakan sistem berpenggerak 4x2 dan 4x4. "Untuk awalnya, kami rasa yang sesuai itu bensin 4x2. Tapi, belum tahu yang mana kapasitas mesin yang akan dipilih nantinya," lanjut Hartanto.

Dirwan WIdjaja, General Manager Produksi KMI menambahkan, total volume produksi Kia sampai akhir tahun mencapai 6.600 unit. Jumlah itu belum terhitung rencana CKD Forte yang di mulai tiga bulan terakhir 2010. Target penjualan awal Sportage diprediksi hanya 200 unit pada tahun ini.

"Kalau Forte jadi masuk, saya rasa penambahan produksi bisa sekitar 200an unit saja. Jadi, total tahun ini bisa mencapai 6.800an unit," jelas Dirwan.

Terkait harga jual Sportage di Indonesia, pihak KMI masih menutup rapat-rapat informasi tersebut. Tapi, biasanya Kia berani menaruh harga jual di bawah pimpinan pasar dengan fitur dan teknologi yang tak kalah dengan kompetitor, kira-kira saja deh. (Kompas)

No comments:

Post a Comment