Monday, November 16, 2009

Wow, DVD Cranberry Tahan 1000 Tahun!


Sebuah perusahaan baru memberikan kejutan. Cranberry mengatakan produk DVD Diamondisc-nya bisa bertahan sampai 1000 tahun. Keping itu standar saja, berkapasitas 4,7GB, atau mampu menampung sekitar 2000 foto, 1200 lagu, atau tiga jam video.

Yang istimewa, media ini tidak akan rusak kendati terpapar panas sampai 176 derajat Fahrenhit, atau terpapar sinar ultraviolet. Juga tidak rusak karena penggunaan normal. Begitu kata Cranberry.

Ini dikarenakan disc tidak punya lapisan dye, lapisan perekat atau bahan reflektif yang bisa rusak termakan waktu. Karena itu menurut Cranberry, disc-nya akan mampu bertahan setidaknya 1000 tahun.

Masalahnya, bagaimana kita tahu bahwa disc tersebut tahan 1000 tahun? Cranberry mengatakan, teknologinya telah dibuktikan oleh para peneliti dengan menggunakan standar uji suhu dan kelembaban ECMA-379 dan bertahan lebih lama dibandingkan para pesaing yang mengklaim usia ketahanan 300 tahun.

Jika diperhatikan, disc ini memang tampak berbeda. Alih-alih berpermukaan memantul dengan warna silver atau emas, permukaannya justru transparan. Selain itu, berbeda dengan dengan DVD recordable standar yng menggunakan diode laser dengan panjang gelombang 650 nanometer untuk mengetsakan pit (lembah) kecil di permukaan media disc, Diamondisc menggunakan laser berintensitas tinggi untuk mengetsakan data ke dalam permukaan disk batu sintetis yang mirip intan ini.

Teknologi Diamondisc ditemukan oleh para peneliti di Brigham Young University dan diperkenalkan ke pasar untuk pertama kalinya oleh Milleniata, perusahaan baru di Springville, Utah, AS.

Jika dibandingkan DVD consumer lain, seperti DVD-R Kodak Gold Preservation Write-Once R, yang harganya sekitar US$ 6, harga Diamondisc termasuk mahal. Satu disc-nya dijual US$ 34,95. Kemasan dua atau lebih Diamondiscs dihargai masing-masing US$ 29,95, dan kemasan lima disc dibandrol US$ 149,75.

Itu baru harga disc-nya. Harga perangkat pembakarnya lebih mengejutkan lagi. Diamondisc DVD burner akan membobol kantong Anda sebesar US$ 4995. Namun harga ini sudah mencakup 150 keping Diamondiscs. (Kompas)

No comments:

Post a Comment