Monday, November 16, 2009

Honda Luncurkan Civic Type R Euro di Jepang


Untuk memberikan cita rasa mobil Eropa yang makin luas kepada konsumennya di Jepang, Honda memasarkan Civic Type R Euro hatchback 3 pintu di negara asalnya. Jumlahnya yang akan dijual dibatasi 2.010 unit (sesuai dengan angka tahun depan).

Ini merupakan versi kedua CivicType R yang dibuat di Eropa dan dibawa ke Jepang. Sebelumnya, Honda melakukan hal yang sama untuk Civic Tyep R 4 pintu pada 2007.

Mesin
Civic Sport ini dibuat Honda, di Inggris. Dengan ini pula, tak ada masalah untuk setir, karena posisi mengemudi Inggris sama dengan di Jepang. Mesin yang digunakan mobil sport premium Honda ini berkapasitas 2,0 liter, DOHC dan i-VTEC plus kompresi tinggi. Mesinnya dikilik seperti NSX.

Komponen mesin yang mendapatkan kilikan lebih lanjut adalah saluran isap dengan permukaan dalam lebih halus. Tujuannnya, agar udara mengalir lebih lancar menuju mesin. Maklum, mesin ini tidak dilengkapi dengan turbocharger.

Menurut Honda, kemampuan mesin menghasilkan tenaga, 148 kW (201) @7.800 rpm dan torsi maksimum 193Nm (19,7kg-m) @5,600rpm. Selanjutnya, disandingkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Pengontrol kerja mesin dilakukan dengan cara pedal “Drive by Wire” (DBW).

Eksterior
Untuk bodi, dibuat secara khusus dengan speksifikasi lebih ringan namun tetap kokoh. Agar penampilannya gaya dan sporty, dipasangkan pelek 18 inci berbalut ban 225/40R18 88Y. Juga disertakan aerokit untuk memperkuat karakter sport baik penampilan maupun dinamikanya ketika dikebut.

Komponen aerokit dirancang secara khusus untuk memperoleh keseimbangan antara kinerja aerodinamika dan penampilan (termasuk desain gril dan garnish aerodinamika dan spoiler belakang yang diberi warna).

Bagian bawah mesin dan kolong mobil diberi tutup berukuran besar. Tujuannya untuk memperlancar aliran udara di kolong mobil sehingga efisiensi aerodinamikanya lebih baik.

Tangki bensin diposisikan di tengah untuk memperoleh titik gravitasi yang lebih rendah. Dengan demikian, diperoleh stabilitas yang mantap. Tambahan perlengkapan dan fitur lainnya adalah
VSA (ABS + TSC + kontrol slip), EBD, airbag, lampu HID dan sistem pemantau tekanan ban.

Interior
Menggunakan setir dengan desain palang tiga, berdiameter kecil dan berlapiskan kulit. Juga digunakan tombol transmisi berbentuk bola berlapis aluminium.

Jok depan tipe backet dirancang seca khusus agar seluruh permukaannya bisa memeluk tubuh penggemudi dengan kuat dan tetap nyaman untuk perjalanan jauh.

Selanjutnya, panel instrumen dilengkapi dengan fitur Indikator putaran mesin multiplex i-VTEC dengan pencahayaan merah. Dengan cara ini, mata pengemudi tidak perlu sering melihat putaran mesin, terutama ketika melaju pada kecepatan tinggi.

Putaran mesin diperlihatkan melalui sederetan lampu yang menyala berurutan ketika putaran mesin naik. Dengan ini, saat tancap gas, pengemudi bisa berkonsentrasi mengamat situasi di depan dan jalan. Mantap! (Kompas)

No comments:

Post a Comment