Monday, November 23, 2009

eSATA dan 2TB untuk Harddisk Eksternal Samsung


Selalu merasa kekurangan kapasitas simpan? Lihatlah solusi yang disodorkan Samsung kali ini: sebuah harddisk eksternal dengan kapasitas 2TB. Ini kurang lebih setara dengan setengah juta file MP3, 560 ribu file foto digital, atau 880 jam klip video dengan resolusi tinggi. Mantap bukan?


Tidak itu saja. Harddisk eksternal yang dinamai STORY Station Plus itu juga mengemaskan konektor eSATA (external serial ATA) demi kegegasan transfer data. Jangan kuatir, koneksi USB 2.0 tetap tersedia. Namun tentu lebih cepat menggunakan eSATA yang mampu mengantarkan 3GBps ketimbang USB 2.0 yang maksimal menyajikan 480Mbps bukan?

Apa lagi yang menarik di harddisk eskternal 3,5” Samsung ini? Hmm, casing luarnya yang alumunium itu sudah dirancang hemat daya; disebutkan mengurangi daya standby sampai 96% menjadi 0,1 watt dibandingkan model konvensional yang menyita 2,5W. Konsumsi daya standby yang rendah ini sesuai dengan tuntutan dari European Union EuP (Energy Using Products) Directive for Standby Regulation yang akan berlaku mulai Januari mendatang.

Fitur lainnya adalah dibundelkannya software Samsung Auto Backup, SecretZone untuk enkripsi data pribadi dan SafetyKey untuk proteksi password. STORY Station Plus yang digaransi tiga tahun terbatas ini ditawarkan dengan harga US$ 299 untuk versi 2TB dan akan tersedia mulai akhir November. Selain versi 2TB, juga tersedia model 1TB dengan fitur sama. (Kompas)

No comments:

Post a Comment