Thursday, November 5, 2009

VW Golf GTI Gen-6 Diluncurkan dengan Harga Rp 575 Juta


VW Golf GTI, mobil sport kompak asal Jerman, hari ini diluncurkan oleh ATPM-nya di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor. Hatchback ini dikategorikan masuk kelas premium di kelasnya karena memiliki spesifikasi dan harga yang jauh lebih mahal dibanding mobil seukuran atau berdimensi sama.

Kendati yang diperkenalkan ke wartawan hanya versi 5 pintu, PT Garuda Mataram Motor atau GMM memasarkan versi 3 pintu. Harganya, untuk 5 pintu, Rp 575 juta (on the road). Adapun versi 3 pintu Rp 565 juta. Mesin yang dijadikan sebagai salah satu andalan VW ini berkapasitas 2,0 liter dan disertai dengan fitur turbocharger, injeksi langsung, dengan TSI yang merupakan teknologi mesin khas Volkswagen.

Tenaga maksimum 210 PS @5.300-6.200 rpm dan torsi maksimum 230 Nm @1,750-5.200 rpm. Penampilan mobil sport ini makin gagah dengan velg dan ban 18 inci. “Desain velgnya tidak berubah, sama dengan generasi sebelumnya. Banyak yang suka karena itu dijadikan ciri khas Golf GTI,” ungkap Andrew Nasuri selaku CEO PT GMM.

Dibandingkan dengan generasi ke-5, harga Golf Gen-6 ini naik sekitar Rp 78 juta. Sebelumnya, Golf GTI dijual Rp 498 juta di Indonesia.

Versi terbaru dari Golf GTI ini merupakan generasi ke-6. Mobil kompak ini pertama kali diluncurkan pada 1976. Dengan kelengkapan teknologi yang sangat banyak dan kemampuan mesin yang hebat, wajarlah Golf GT menjadi hatchback kompak termahal di kelasnya, terutama di Indonesia.

Karena harganya yang mahal tersebut, wajar pula target penjualan tidak muluk-muluk. Menurut Andrew Nasuri, sampai akhhir tahun 2009, targetnya 15-30 unit. “Tahun depan baru 100 unit,” paparnya. Ia juga menjelaskan bahwa ternyata, VW Jerman belum bisa memenuhi permintaan ATPM-nya di Indoneisa. Maklum, peminat Golf di seluruh dunia cukup tinggi. (Kompas)

No comments:

Post a Comment