Tuesday, November 3, 2009

Dukung Multitasking, SSD A-Data Bekerja 5 Kali Lebih Cepat


Solid state disk atau SSD masih terus berkembang. Kali ini, kabar datang dari A-Data. Pabrikan memori asal Taiwan itu mengumumkan kehadiran SSD SATAII 2,5” terbarunya, yakni seri S596.

Seri ini khusus dirancang untuk pengguna PC yang banyak berurusan dengan grafis berat dan melakukan multitasking. Karenanya, S596 pun disebutkan bisa menjalankan beragam aplikasi—Photoshop, Illustrator, AutoCAD, dan 3D Max—lima kali lebih cepat.

S596, begitu klaim A-Data, bisa menyajikan kecepatan sekuensial baca dan tulis masing-masing sampai 250 MB per detik dan 180 MB per detik, alias lebih cepat dibandingkan harddisk. Menurut A-Data, kendati menggunakan komponen-komponen kelas atas, sebuah sistem biasanya terkendala oleh kinerja harddisk, yang hanya sanggup berjalan pada 30-50 MB per detik.

Karena itulah, A-Data menyarankan penggunaan SSD. Booting di platform Windows 7 dengan SSD baru ini, misalnya, hanya membutuhkan 20 detik. Ini berarti 40 persen lebih cepat dibandingkan pada platform yang dilengkapi SSD "biasa". Kegegasan ini bisa diperoleh berkat penggunaan teknologi flash generasi baru dan juga buffer cache SDRAM DDR2.

Tersedia dalam tiga pilihan kapasitas (64 GB, 128 GB, dan 256 GB), A-Data S596 ini juga kompatibel, baik dengan Windows 7, maupun dengan Mac Snow Leopard. Sebuah port mini USB yang disertakan pun memungkinkan SSD ini diubah menjadi sebuah harddisk eksternal. Pendek kata, demikian promosi A-Data, S596-nya adalah solusi tepat bagi para desainer grafis dan mereka yang melakukan multitasking maupun penggemar PC. (Kompas)

No comments:

Post a Comment