Sunday, March 13, 2011

VW Produksi Penerus Kombi


Ada kabar baik bagi para pecinta model minivan legendaris Volkswagen Kombi. Pasalnya, setelah beberapa tahun produksinya dihentikan, kini VW berencana untuk membuat versi terbarunya.

Sebenarnya, mobil ini sudah dipajang dalam bentuk konsep di gelaran Geneva Auto Show 2011, yang berlansung 1 hingga 13 Maret ini.

Tapi pihak Volkswagen meyakinkan mobil itu bukan hanya sebagai pajangan semata, namun benar-benar akan menghadirkannya dalam bentuk produksi massal.

Berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan mesin berbahan bakar bensin dan memiliki pendingin mesin yang khas dengan menggunakan udara, kini Bulli hadir dengan menggunakan motor listrik sebagai tenaga pendorongnya.

Jadi tidak akan ada lagi suara gemuruh khas VW Kombi, karena mobil terbaru ini hampir tidak mengluarkan suara karena tenaga listrik yang diusungnya.

Bulli menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh dan sebuah motor listrik yang memiliki daya 85 kW.

Bila baterai motor listrik yang digunakannya terisi penuh, mobil ini mampu menempuh jarak 186,4 mil atau sekitar 298,24 kilometer. Bulli juga mampu melesat hingga 86 mil per jam atau 139,2 kilometer per jam.

Canggihnya, sistem hiburan Bulli menggunakan iPad sebagai pengendalinya. Sebagai cirri khas nya yang mampu memuat penumpang dalam jumlah banyak, Bulli juga tetap menggunakan bangku yang berjumlah tiga di bagian baris depan.

Namun mengenai tempat produksi ada beberapa versi. Awalnya sempat berembus kabar kalau mobil ini bakal dibuat di Chattanooga, Amerika Utara. Pabrik sama yang membangun Passat untuk seluruh dunia.

Tetapi Pimpinan R&D VW Ulrich Hackenberg membantah hal ini. Kemungkinan besar Kombi akan dibangun bersama VW Kodok Beetle di Puebla, Meksiko. (Okezone)

No comments:

Post a Comment