Wednesday, March 30, 2011

Fiat Panda 2012 Akan Diproduksi di Itali


Fiat dikabarkan telah siap untuk mulai memproduksi model Panda terbaru. Sebagai tahap awal, rencananya Panda generasi ketiga ini akan dipamerkan pada gelaran Frankfurt Motor Show yang berlangsung pada pertengahan September mendatang.
“Mobil ini diharapkan dapat mencetak kesuksesan yang sama dari generasi sebelumnya di Italia,” ujar Stefan Ketter, Kepala Manufaktur Grup Fiat.

“Kami telah menyiapkan jalur produksi di pabrik Pomigliano (Italia) untuk proses produksi November,” lanjutnya.

Fasilitas Pomigliano inilah yang menjadi pusat permasalahan antara Fiat dengan para pekerjanya, dimana pada tahun 2010 lalu para pekerjanya tidak dapat menyetujui jam kerja terbaru.

Bahkan CEO Fiat Group, Sergio Marchionne, telah mengancam serikat pekerja bahwa ia akan tetap melakukan produksi Panda baru di Polandia atau memindahkannya ke Serbia jika mereka (para pekerja) tidak setuju dengan kesepakatan kerja yang baru. Panda Fiat terbaru ini akhirnya diputuskan untuk diproduksi di Italia dan bukan di Polandia seperti rencana awalnya.

Direncanakan kegiatan produksi akan dimulai pada awal November 2011 dan pengiriman mobil pertamanya pada Januari 2012. Namun untuk sekarang ini, belum dipublikasikan tentang detail mobil ini.

Sebagai perbandingan, Fiat Panda versi lawas menggunakan mesin berkapasitas 1.100 cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 54 daya kuda pada 5.000 rpm. Dan torsi maksimum sebesar 88 Nm.

Akselerasi dari 0 hingga 10 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 15 detik sementara untuk konsumsi bahan bakar dapat meminum 5,7 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km. (Okezone)

No comments:

Post a Comment