Tuesday, March 1, 2011

Tata Pixel: City Car untuk Eropa


Pameran mobil bergengsi Geneva Auto Show 2011 ke-81 yang dibuka untuk umum besok (3/3) jadi arena "perang" bagi prinsipal dari Asia untuk menandingi tuan rumah. Salah satu di antaranya Tata Motors dari India menampilkan konsep mobil kota untuk Eropa yang mereka namakan Tata Pixel.

Cukup mengejutkan, city car ini memakai basis Tata Nano, tapi bentuknya tidak sekaku mobil murah India tersebut. Menariknya lagi, desain pintunya bentuk berlian yang sangat inovatif dengan dibuka model gunting yang memutar ke atas dari depan. Ini memudahkan akses saat masuk atau ke luar mobil serta parkir di tempat yang sempit.

Pixel mampu bermanuver di areal sempit karena dibekali dengan Infinitely Variable Transmission (IVT). Sistem ini membantu roda belakang ikut membelok (semacam 4WS = four wheel steering), sehingga radiusnya hanya 2,6 meter.

Selain pintu model gunting, kaca depan ditarik sekaligus menjadi atap, sehingga bisa meminimalkan overhang depan dan belakang. Trus, desain jendela bisa diganti jika ingin mengubah tampilan eksterior.

Untuk jantung pacu, Pixel dibekali mesin 1,2 liter diesel turbocharged dengan konsumsi bahan bakar 3,4L per 100 km dan emisinya hanya 89 g/kg. Kemudian si kecil ini dilengkapi teknologi "start-stop". (Kompas)

No comments:

Post a Comment