Monday, March 28, 2011

Suzuki Siapkan Swift Facelift dan SX4 Diesel Tahun Depan


Suzuki siap menyegarkan wajah Swift dan mempertimbangkan memasarkan SX4 diesel tahun depan. Kedua model ini masih dalam proses negosiasi antara prinsipal dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

”Untuk Swift, rencananya diluncurkan tahun depan. Cuma waktunya belum bisa diinformasikan,” kata Davy Tulian, Direktur Penjualan SIS di dealer Suzuki Pondok Indah, kemarin. Ditambahkan, nantinya perubahan Swift terletak pada eksterior. ”Pokoknya tampil lebih fresh, ada tambahan lampu LED (light-emitting diode),” tuturnya.

Swift facelift sudah diluncurkan sejak pertengahan 2010 di Eropa dengan perubahan, antara lain diameter roda lebih besar dan ban yang lebih tipis. Bentuk dan lekukan bodi sama. Perbedaan utama pada desain lampu depan, gril, dan bemper.

Model baru ini juga lebih panjang 90 mm dan dibekali mesin bensin lebih kecil 1,2 liter berteknologi VVT ganda. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 94 PS @6.000 rpm dan torsi 118 Nm @4.800 rpm. Konsumsi bahan bakarnya 20 km/liter. Selain itu, juga ada varian diesel berkapasitas 1,3 liter dengan konsumsi bahan bakar 23,8 km/liter.

Untuk SX4 diesel, SIS mengaku masih mempelajari untuk dipasarkan di Indonesia. Namun, penjajakan sudah dilakukan melalui Maruti Suzuki India Limited. Opsi awal bisa dimulai dengan impor utuh alias completely built up (CBU), setelah penjualan meningkat dilanjutkan dengan completely knocked down (CKD).

”Kami sedang menjajaki kemungkinan itu (SX4 masuk ke pasar Indonesia). Dengan kerja sama ASEAN-India, bea masuk dari India bisa diturunkan,” ujar Davy. (Kompas)

No comments:

Post a Comment