Thursday, March 3, 2011

Generasi Kedua iPad Lebih Ringan dan Lebih Tipis


Rumor mengenai peluncuran iPad 2 sudah menyebar jauh-jauh hari dan semakin kuat dalam seminggu terakhir. Banyak analis dan media pun mulai menyebarkan berbagai rumor dan spekulasi seperti apa wujud generasi kedua iPad yang bakal dipamerkan Apple.

Kenyataannya, iPad 2 benar-benar hadir dan dipamerkan langsung oleh CEO Apple, Steve Jobs, dalam konferensi pers di Yerba Buena Center of the Arts di San Francisco, California, AS, Selasa (2/3/2011) pagi waktu setempat atau Rabu dini hari WIB. Salah satu rumor yang menjadi kenyataan adalah soal bentuk iPad yang berbeda dari sebelumnya.

"Apa itu iPad 2? Apa yang bisa kita lihat darinya? Semua desainnya baru. Secara keseluruhan, desainnya benar-benar baru," ujar Steve Jobs. Ia mengatakan ukurannya 33 persen lebih tipis ketimbang generasi sebelumnya. Bahkan, iPad ini lebih tipis daripada iPhone 4. Jika iPad generasi pertama punya ketebalan 13,4 milimeter, iPhone 4 9,3 milimeter, iPad 2 hanya 8,8 milimeter. Sisi-sisi di cangkang belakangnya pun kini tak bersudut.

Selain lebih tipis, iPad 2 juga lebih ringan daripada iPad generasi pertama. Beratnya selisih 0,2 pon. Kalau iPad generasi awal seberat 1,5 pon atau setara 0,679 kg, iPad 2 kini seberat 0,589 kg.

Meski lebih tipis dan lebih ringan, fiturnya tidak dikurangi. Justru banyak fitur yang ditambahkan membuatnya lebih menarik ketimbang iPad generasi pertama. iPad 2 kini dilengkapi dua kamera di bagian depan dan belakang, tidak seperti iPad generasi awal yang tak berkamera. iPad 2 juga sudah tidak hanya dilengkapi sensor akselerometer, tetapi juga gyroscope dan kompas digital yang akan bekerja bersama untuk memberikan pengalaman lebih interaktif di layar sentuhnya.

Prosesor yang digunakan, A5, diklaim memberikan kinerja dua kali lebih cepat daripada prosesor A4 di iPad. Cip grafisnya juga diklaim 9 kali lebih cepat memproses konten multimedia, seperti video dan animasi.

iPad 2 akan hadir dalam dua pilihan warna bingkai, hitam atau putih, sejak dipasarkan pada 11 Maret 2011. Harganya dibanderol mulai 499 dollar AS. (Kompas)

No comments:

Post a Comment