Wednesday, August 4, 2010

Torch: Inovasi Baru BlackBerry Dengan Layar Sentuh


Research In Motion (RIM) tak menggunakan filosofi tingkat tinggi untuk memberi nama smartphone terbarunya, BlackBerry Torch. Selidik punya selidik, ternyata nama 'Torch' lahir dari salah satu hasil akuisisi vendor asal Kanada itu.

Memang jika diterjemahkan, 'Torch' bisa berarti obor, senter atau alat yang bisa menerangi. Namun rupanya, alasan utama RIM untuk memilih nama 'Torch' bukan lantaran arti kata tersebut secara harfiah. Melainkan, diambil dari nama salah satu anak perusahaan mereka, yakni Torch Mobile.

CEO RIM Mike Lazaridis menjelaskan, BlackBerry dengan nomor seri 9800 itu menggunakan webKit based web browser yang diciptakan oleh Torch Mobile.

Nah, jadi mereka berpikir tak ada salahnya, jika anak perusahaan yang baru diakuisisi pada tahun lalu itu mendapat kehormatan untuk digunakan namanya sebagai nickname bagi BlackBerry terbaru RIM tersebut.

BlackBerry Torch sendiri tampil agak berbeda ketimbang jajaran keluarga BlackBerry lainnya. Yakni didesain dengan keyboard slide dan layar sentuh.

Kehadirannya pun digadang-gadang dapat mengangkat gengsi BlackBerry demi bersaing dengan deretan smartphone Android yang merajai jajaran ponsel layar sentuh, selain tentunya ada nama iPhone di lahan ini.

Maklum saja, BlackBerry layar sentuh RIM sebelumnya -- Storm -- tak mampu menorehkan prestasi di pasar ponsel. Bahkan, RIM sampai membuat produk revisinya yang kemudian dinamai Storm 2. Meski demikian tetap saja, prestasinya terbilang biasa-biasa saja.

Walau tak melihat 'lompatan besar' dari Torch, Ross Rubin, analis dari NPD, cukup yakin Torch akan membantu RIM bersaing dengan iPhone dan berbagai ponsel Android yang makin ramai di pasaran.

"Ini bisa membuatnya layak bersaing lagi -- jika mereka bisa melakukannya dengan efisiensi dan stabilitas yang sudah diakui dari RIM, jelas akan jadi sesuatu yang positif," kata Rubin.

BlackBerry Torch menggunakan layar sentuh ala iPhone dan kebanyakan ponsel Android. Selain itu, terdapat sebuah keyboard Qwerty geser yang sudah sangat akrab dengan pengguna BlackBerry. (detik/Okezone)

No comments:

Post a Comment