Thursday, August 5, 2010

Fiat 500C, Desain Centil untuk Asia


Pabrikan Italia, Fiat, mengumumkan siap mencoba peruntungannya di pasar automotif Jepang melalui 500C. Mobil mungil ini merupakan hasil kerja sama Fiat dengan Diesel yang sudah berlangsung sejak 2008.

Boleh jadi hampir tidak ada yang bisa menyamakan desain dari mobil-mobil lansiran Fiat. Bahkan mobil ini dikenal juga dengan kendaraan sejuta wajah karena terlalu banyaknya varian yang tersedia di pasaran termasuk berbagai macam edisi khusus yang dibangun untuk moment-moment tertentu.

Lalu apa yang spesial dari Fiat 500C ini? Bodi mungil dua pintu khas city car serta desain atap model buka tutup (kabriolet) membuat Fiat 500C memang punya daya tarik tersendiri.

Urusan mesin, Fiat 500C Diesel dilengkapi dengan empat versi mesin berstandar Euro 5. Piliahan mesin tersebut terdiiri dari kapasitas 1.2 liter berdaya 69 hp, 1,4 liter 16 katup bertenaga 100 hp, 1,3 liter Multijet berdaya 75 hp, dan 1,3 liter Multijet II bertenaga 95 daya kuda. Masing-masing pilihan mesin ini dilengkapi dengan sistem transmisi manual 5-speed dan 6-speed matik. Khusus mesin bensin dapat dipasang dengan Dualogic 5-speed gearbox robotized.

Fiat mendesain 500C ini menjadi tiga bagian bodi yang semuanya memiliki warna yang bisa berbeda-beda. Sebagai warna bawaan, tersedia beberapa kombinasi kelir yang centil.

Ada pilihan warna hijau dengan bagian atas (atap) berwarna hitam, kelir hitam dengan bagian atasnya berwarna merah, atau kelir Midnight Indigo biru yang dipadu warna gading dibagian atapnya. Kelir terakhir ini disebut-sebut merupakan ciri khas dari 500C karena memiliki efek tiga dimensi.

Sementara itu interiornya dibalut kain denim dengan jahitan berwarna kuning. Ada pula loga Diesel yang menempel. Untuk dashboardnya dipilih kelir krom satin sehingga menampilkan unsur mewah.

Selain Jepang, Fiat juga berencana memasukkan 500C untuk pasar Eropa mulai 15 April mendatang. Peresmiannya dilakukan bersamaa dengan Milan Furniture Fair. Untuk pasar Eropa, mobil ini dibanderol, dimulai dari 18.000 Euro.

Pabrikan Italia ini yakin dengan 500C karena mereka mengkalim hampir 6.500 unit versi saloon edisi spesial sudah terjual sehingga untuk mode ini diharapkan juga mampu menuai hasil yang sama.

Mmm... Bakal masuk Indonesia gak ya? (Okezone)

No comments:

Post a Comment