Wednesday, August 25, 2010

Peugeot Luncurkan 3008 Bermesin Diesel Hibrida


Pabrikan mobil berlogo singa, Peugeot, nampaknya semakin serius memasuki tren mobil hybrid. Hal itu jelas terlihat saat Peugeot mengumumkan mobil terbarunya 3008 HYbrid4.

3008 akan menjadi mobil hibrida dengan mesin diesel pertama yang akan meluncur di jalan raya. Mobil canggih tersebut menurut rencana akan dijual di Eropa mulai tahun depan.

Menurut Peugeot, 3008 akan menjadi kendaraan pertama di lineup automotif Perancis untuk yang menggunakan fitur powertrain baru. HYbrid4 ini memiliki mesin 2.0 liter HDi diesel dengan kemampuan menghasilkan tenaga sebesar 163 PS dan memiliki torsi sebesar 300 Nm.

Mobil yang menggunakan penggerak roda depan tersebut, memiliki motor listrik berkapasitas 27 kW yang dipasang pada bagian belakang yang bersumbu pada roda belakang. Motor listrik itu diberi arus listrik dari baterai logam nikel hidrida yang dipasang di bawah bagasi.

Motor listrik yang terdapat pada sumbu roda belakang, mampu memberikan torsi sebesar 100 Nm secara konstan. Akan tetapi dapat juga memberikan torsi sebesar 200 Nm pada puncaknya. Canggihnya, walaupun bermesin diesel hybrid, kemampuan output tenaga maksimum mobil ini mencapai 200 PS dan torsi sebesar 500 Nm.

Agar dapat berjalan dengan sempurna, mobil ini dilengkapi gearbox manual 6-speed (BMP6), sistem stop-start, sistem pemulihan energi kinetik, dan sebuah unit kontrol elektronik yang bertugas mengatur mode mesin diesel dan motor listrik saat bekerja.

Lebih hebatnya lagi, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Menurut hasil pengetesan, 3008 HYbrid4 hanya mengkonsumsi bahan bahar sebanyak 3,8 liter/100km dan memiliki rating emisi CO2 yang sangat ‘hijau’ yakni sebesar 99 g/km.

Dengan keunggulan seperti itu, 3008 Hybrid akan menjadi salah satu kendaraan paling kompetitif di kelasnya. (Okezone)

No comments:

Post a Comment