Tuesday, May 18, 2010

Seagate Siapkan Hard Disk 3TB untuk OS 64-bit


Produsen hardware Seagate mengkonfirmasikan mengenai rencana mereka untuk merilis hard disk drive dengan kapasitas 3Terabyte (TB). Akan tetapi, drive penyimpanan ini hanya akan berjalan di sistem operasi 64-bit, seperti Windows 7, Vista dan Linux.

"Bukan hanya itu, mungkin Anda tidak akan melihat 2.1TB dari 3TB menggunakan Windows XP," sebut keterangan dari Seagate, yang dikutip TG Daily, Rabu (19/5/2010).

Namun demikian masalah yang dihadapi bukan itu saja. Menurut Hardwidge daru Thiqs, masalah nyata dengan adanya upgrade hard disk ke 3TB adalah standar LBA yang terbilang kuno (logic block addressing) , yang ditetapkan oleh Microsoft dan IBM.

"LBA adalah sistem untuk menentukan lokasi masing-masing data blok 512-bit . Sayangnya, LBA hanya dapat menetapkan hingga kapasitas 2.1TB saja," jelas Hardwidge.

"Karena LBA pada dasarnya meningkatkan jumlah byte yang digunakan untuk mendefinisikan alamat LBA di perintah blok deskripsi, tetapi hal itu juga memerlukan dukungan OS 64-bit," tandasnya. (Okezone)

No comments:

Post a Comment