Wednesday, May 19, 2010

GM Kembangkan HUD dengan Tayangan di Seluruh Kaca Depan


Teknologi head up display atau lebih dikenal dengan HUD— hanya digunakan pada sebagian mobil oleh produsen—kini dikembangkan lagi oleh Divisi Riset dan Pengembangan General Motors (GM ).

Sistem terbaru ini tidak hanya menayangkan informasi pada bagian kaca (tepat di depan mata pengemudi) tetapi di seluruh bidang kaca depan. Dengan ini, penglihatan pengemudi menjadi lebih jelas dan meningkatkan keamanan pengemudi. Tak hanya itu, HUD ini juga dapat digunakan untuk melihat kondisi di depan mobil yang tidak bisa dilihat dengan mata normal.

Kamera inframerah
Pada sistem terbaru, GM menggunakan beberapa sensor dan kamera untuk mengumpulkan data di sekitarnya atau jalan yang akan dilalui mobil. Citra yang dihasilkan sensor dan kamera diproyeksikan oleh laser ultraviolet ke seluruh permukaan kaca mobil.

“Kami sedang menciptakan sistem penglihatan baru,” kata Thomas Seder, Manager Riset & Pengembangan GM. Dalam mengembangkan teknologi penglihatan ini, tim riset GM bekerja sama dengan Universitas Carnegie Mellon, Universitas California Selatan, dan lembaga lainnya.

Dijelaskan pula, tujuan pengembangan teknologi HUD terbaru ini adalah memperjelas penglihatan pada malam hari bagi pengemudi. Oleh karena itu pula, sistem ini nantinya digabungkan dengan teknologi navigasi yang menggunakan kamera berbasis sensor.

“Misalnya, Anda mengemudi pada cuaca berkabut. Dengan kamera inframerah, ujung jalan bisa diindentifikasi. Adapun laser akan membantu 'mengecat' ujung jalan tersebut. Hasilnya, pengemudi mengetahui kondisi ujung jalan yang akan dilalui dengan jelas,” kata Seder.

Sistem HUD baru ini dikembangkan untuk membuat pengemudi tetap fokus melihat ke depan sembari melihat informasi, seperti kecepatan kendaraan, indikator pindah jalur, dan sistem peringatan lainnya pada saat bersamaan. (Kompas)

No comments:

Post a Comment