Sunday, October 3, 2010

Renault Ciptakan Kendaraan Kecil yang Unik


Renault telah menggunakan 2010 Paris Auto Show, untuk memperkenalkan mobil mini terbaru mereka yang memiliki desain tak cukup unik bernama Twizy.

Seperti disitat worldcarfans, Sabtu (2/10/2010), Twizy adalah kendaraan dengan desain layaknya mobil masa depan yang menggunakan penggerak bertenaga listrik.

Renault Twizy dirancang seperti skuter, namun dengan perlindungan tambahan seperti pintu, atap dan empat roda.

Produk perusahaan asal Perancis tersebut memiliki dimensi dengan panjang hanya 2,32 meter, lebar 1,19 meter dan tinggi 1,46 meter. Semua itu membuat Twizy sangat pas untuk diajak berkeliling kota.

Twizy juga memiliki wheelbase 1.684 mm dan total bobot hanya 450 kg, sudah termasuk 100 kg baterai. Dengan baterai tersebut, Twizy memiliki jangkauan jarak tempuh sejauh 100 km. Kendaraan tersebut juga menggunakan roda berukuran 13 inci.

Meskipun memiliki body kecil dan praktis, nyatanya Twizy memiliki sebuah ruang sebesar 31 liter berbentuk seperti lemari yang bisa dikunci, dan dapat diperluas hingga 55 liter.

Untuk sumber tenaga, Twizy mengandalkan motor listrik bertenaga 15 Kw dan torsi 57 Nm. Tenaga listrik yang disimpan pada baterai tersbut dapat diisi penuh kembali dalam waktu 3,5 jam, dengan menggunakan listrik rumah tangga.

Sementara kecepatan maksimalnya hanya 75 km/jam, tetapi itu sudah dirasa cukup untuk melalui jalan-jalan raya perkotaan yang padat.

Kendaraan itu akan diproduksi di Valladolid, Spanyol dan akan mulai dijual di Eropa pada akhir tahun depan.

Renault mengatakan kisarannya akan mirip dengan skuter roda tiga, namun tidak dijelaskan lebih lanjut skuter tiga roda dari pabrikan apa. Namun kemungkinan Twizy akan dijual dengan harga dibawah Rp 100 juta. (Okezone)

No comments:

Post a Comment