Sunday, October 3, 2010

Ford Ka yang Hemat Bahan Bakar


Gelaran Paris Auto Show 2010 saat ini, sepertinya dibanjiri dengan produk terbaru yang bertabur teknologi terdepan. Tak terkecuali Ford, yang menghadirkan mobil kecil Ford Ka generasi terbaru, yang mengusung teknologi ECOnetic.

Ford melalui rilis yang disajikan autoevolution, Sabtu (2/10/2010), Ford Ka baru ini menggunakan teknologi TDCI dan Start- Stop. Dengan menggunakan teknologi tersebut, menjadikan Ford Ka lebih irit bahan bakar walaupun harus banyak berhenti di bawah lampu lalu lintas atau terjebak kemacetan lalu lintas

Berkat penggunaan teknologi itu pula, Ford Ka mampu menghemat bahan bakar hinga 3 persen lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya, baik pada mesin bensin maupun disel.

Untuk varian yang bermesin bensin Ford Duratec 1.2liter hanya butuh bahan bakar 4,9 liter untuk menempuh jarak 100 kilometer. Dengan Tingkat emisi gas CO2 hanya 115 gram per kilometer.

Sedangkan pada varian bermesin disel TDCi 1.300 cc, hanya mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 4,1 liter untuk menempuh jarak yang sama. Tingkat emisi CO2 varian ini hanya 109 gram per km.

Teknologi Start-Stop pada Ford Ka itu telah dilengkapi baterai canggih yang pengisian ulangnya berlangsung secara otomatis melalui starter motor dan alternator yang lebih kuat. Serlain itu juga ada sensor baterai dan penstabil tegangan.

Dalam rangka membantu pengemudi mengurangi konsumsi bahan bakar sebanyak mungkin, instrument cluster Ka sekarang juga dilengkapi dengan lampu indikator konsumsi bahan bakar.

Efeknya adalah, hanya dengan melihat indikator tersebut, pengemudi bisa menyesuaikan gaya berkendara mereka sehingga bisa menghemat bahan bakar.

Ford Ka ECOnetic ini rencananya mulai dipasarkan pada November mendatang. Namun, untuk maslah harga, Ford belum merinci lebih lanjut. (Okezone)

No comments:

Post a Comment