Monday, October 11, 2010

Google Uji Coba Mobil Otomatis


Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan mobil otomatis yang bisa dikemudikan secara otomatis dalam keadaan macet, tanpa menggunakan bantuan tangan pengemudinya.

Uji coba ini sudah berjalan selama berbulan-bulan. Nampaknya ini adalah sebuah proyek yang tak biasa dari Google tapi bisa jadi menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Senin (11/10/2010).

Kendaraan ini telah diuji coba pada jalanan California sepanjang 140.000 mil, dari Silicon Valley sampai ke Santa Monica. Ada dua orang yang mengoperasikan mobil ini; pengemudi mobil dan
navigator yang mengoperasikan komputer di mobil tersebut.

Google menyewa insinyur-insinyur yang sebelumnya berpartisipasi dalam kompetisi dan balapan mobil otomatis. Keamanan adalah salah satu tujuan utama proyek ini. Google percaya bahwa teknologi ini dapat mengurangi setengah dari angka kecelakaan mobil karena komputer berkendara lebih baik dari pada manusia.

Keuntungan terbesar dari teknologi Google untuk mobil ini adalah pengguna bisa menghemat waktu nyetir mereka. Daripada menyetir, mereka bisa melakukan banyak hal-hal lain yang lebih produktif.

Diperkirakan teknologi ini akan dirilis dalam kurun delapan tahun ke depan. (Okezone)

No comments:

Post a Comment