Thursday, May 10, 2012

Toyota Kembali "Top" di AS


Toyota Motor Corporation mulai bisa tersenyum, terutama di Amerika Serikat. Pasalnya, sepanjang Januari - Maret 2012, penjualan yang diraih produsen mobil terbesar dari Jepang itu berhasil menggeser General Motors (GM).

Berdasarkan data penjualan yang dilansir Bloomberg (10/5), kuartal pertama tahun ini total penjualan Toyota, Lexus, Hino dan Daihatsu melesat 18 persen menjadi 2,49 juta unit di atas GM dengan 2,28 juta unit dan Volkswagen AG 2,16 juta unit. "Mereka mulai merasakan sensasi kompetitif dan volume penjualan terus terkumpul. Peluncuran produk-produk baru menjadi salah satu kunci keberhasilan, seperti Camry baru dan keluarga Prius," komentar Jeff Schuster, Senior Vice President dari lembaga peneliti otomotif LMC Automotive in di Troy, Michigan, AS, dilansir autonews (10/5).

Pada 2008, Toyota pernah bertengger di peringkat pertama, saat itu pasar di AS lagi kolaps krisis dan berlanjut tahun berikutnya (2009) dan GM mengalami kebangkruta. Kala itu, VW langsung melejit ke peringkat kedua dunia. Posisi Toyota langsung berputar 180 derajat karena bencana gempa bumi di Jepang dan banjir di Thailand, tahun lalu. "Meski menjadi nomor satu bukan target utama bagi kami, tapi tetap senang melihat kami bisa berjalan di lintasan yang benar. Dengan masukan positif dari konsumen mengenai model-model baru, kami optimis tahun ini menjadi momentum yang bagus," jelas Jim Wiseman, Vice President of External Affairs Toyota Amerika Utara.

Ramalan Positif Jim Cain, Juru Bicara GM dalam surat elektroniknya menyatakan, "Kami menunjukkan pertumbuhan keuntungan positif dengan penjualan yang kuat dari produk-produk kami, khususnya Chevrolet. Merek ini berhasil mencatatkan pertumbuhan terbaik di AS dalam dua tahun ini." Toyota pekan ini memprediksi keuntungan perusahaan di AS bisa berlipat ganda seperti lima tahun silam sejak mulai pulih dari bencana (akhir 2011).

Di pasar global, total penjualan wholesale (termasuk Daihatsu dan Hino) bisa naik 18 persen jadi 8,7 juta unit sampai akhir tahun fiskal 31 Maret 2013. Penjualan di Amerika Utara, jelas Toyota, berpotensi naik 26 persen menjadi 2,35 juta unit. Untuk April 2012 saja, penjualan Toyota naik 12 persen menjadi 665.328 unit. Sedangkan di Jepang tren positif juga terjadi naik 6,2 persen, di kawasan negara Asia lain 34 persen dan 10 persen di Eropa. (Kompas)

No comments:

Post a Comment