Wednesday, May 9, 2012

Gara-Gara Telefonica, Skype Bisa Hilang Pamor

detail berita
Telefonica meluncurkan aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone melakukan panggilan serta mengirim pesan tanpa menggunakan kuota menit panggilan atau teks. Aplikasi yang diberi nama 'Yu Me' ini akan bersaing dengan aplikasi video chatting Skype.

Bukan hanya Skype yang akan bersaing, Viber dan WhatsApp juga akan bertarung untuk menarik pengguna. Operator jaringan melihat aplikasi seperti ini akan menjadi 'ancaman', namun perusahaan O2 menyatakan "akan menjaga pelanggan dari kehilangan produk dan layanan."

Dilansir BBC (9/5/2012), Tu Me dapat diunduh secara gratis dan akan dipromosikan menjadi produk perusahaan telekomunikasi asal Spanyol Telefonica O2, Mivistar dan Vivo Networks. Saat ini perusahaan tersebut memiliki sekira 300 juta pelanggan di seluruh dunia.

Bagi pengguna di luar Telefonica juga dapat mengunduh aplikasi Tu Me. Sebelum melakukan percakapan, pengguna diharuskan menginstal aplikasi ini terlebih dahulu. Kemudian pengguna akan menerima pemneritahuan pop-up saat mencoba mencari kontak. Tidak seperti Skype pengguna tidak dapat melakukan panggilan ke nomor telepon.

Foto, informasi lokasi serta pesan pengguna akan dikirim dan disimpan di server Telefonica. Pesan akan dienkripsi ketika dikirim, dan pihak perusahaan berjanji tidak akan menyalahgunakan data pengguna atau memberikannya ke pihak ketiga. Catatannya, ada putusan pegadilan yang mengharuskan untuk mengaksesnya.

"Kami melihat semakin populernya aplikasi komunikasi pada smartphone dan kami percaya aplikasi Tu Me lebih baik," kata Telefonica Digital's chief commercial officer, Stephen Shurrock. (Okezone)

No comments:

Post a Comment