Wednesday, June 16, 2010

Daihatsu Pajang Konsep e:S di IIMS 2010


PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah menetapkan bakal memboyong mobil konsep e:S yang sempat dimunculkan dalam Tokyo Motor Show tahun lalu.

Rencananya, mobil berukuran mini yang hemat bahan bakar ini akan ditampilkan dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 yang bakal dihelat mulai 23 Juli mendatang.

"Rencananya cuma kita pajang saja biar masyarakat tahu ada mobil Daihatsu dengan teknologi seperti ini," papar Domestik Marketing Division Head (ADM) Elvina Afni kepada okezone ketika ditemui di Mall Artha Gading, Jakarta, Senin (14/6/2010).

Daihatsu e:S menerapkan konsep yang unik untuk sebuah kendaraan hemat bahan bakar. Karena produsen automotif Jepang tersebut berhasil menggunakan mesin konvensional dengan konsumsi BBM yang minim.

Bayangkan saja, dengan mesin 660 cc tiga silinder yang diusungnya, mobil mungil Daihatsu ini sanggup melaju sejauh 30 km hanya dengan satu liter bensin. Daihatsu menyebutnya sebagai e:S. Satu nama yang unik karena kependekan dari eco and smart.

Lantas apa yang membuat Daihatsu e:S ini begitu irit BBM? ternyata mesin konvensional yang mereka gunakan memiliki sistem Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Idling Stop System.

Dengan fitur ini mesin akan mati secara otomatis bila mobil berhenti, dan langsung hidup bila pedal gas diinjak.

Meski hanya memiliki jarak sumbu roda sepanjang 2.175 mm, namun Daihatsu e:S tetap sanggup menampung 4 orang. Dengan menggunakan berbagai bahan material yang ringan untuk tiap bagian bodinya, berat total e:S diperkirakan hanya 700 Kg.

Menurut Elvina, dalam IIMS 2010 mendatang akan ditampilkan pula konsep mesin dari e:S yang menggunakan sumber tenaga matahari. (Okezone)

No comments:

Post a Comment