Tuesday, April 20, 2010

Taksi Milano Bertenaga Listrik dari VW



Volkswagen akan meluncurkan Milano pada 2013. Mobil taksi tanpa emisi gas buang yang prototipenya diolah oleh pabrikan asal Jerman itu ditampilkan dalam pameran perdagangan di Hannover, 19-23 April.

Kehadiran Milano menunjukkan keseriusan VW menggarap segmen mobil listrik. Produk ini menggunakan platform mini multi purpose vehicle (mini MPV) yang memang diciptakan untuk kendaraan niaga taksi.

Uniknya, jumlah pintu hanya dua dan keduanya berada di sebelah kanan. Pintu penumpang menggunakan model geser yang membukanya bukan ke belakang, melainkan ke depan, untuk memudahkan penumpang masuk ke mobil.

"Satu pintu masih oke kalau untuk taksi," ujar Walter de Silva, Ketua Desain Volkswagen Group, seperti dilansir Autoevolution, Senin (19/4/2010).

Mobil konsep ini hadir dengan kombinasi warna hitam dan hijau yang sengaja dipilih sebagai penghargaan terhadap kota fashion mertopolis Milan. Gaya yang digunakan mirip dengan produk bus VW Samba, tetapi dengan seluruh aspek dan fitur modern.

Taksi Milano memiliki dimensi tinggi 1,60 meter, panjang 3,73 m, dan lebar 1,66 m. Mobil ini menggendong motor listrik bertenaga 85 kilo-watt. Kecepatan maksimum mencapai 120 km per jam dengan pasokan tenaga dari baterai ion lithium yang mampu menempuh jarak 300 km pada kondisi terisi penuh. Untuk pengisian, dalam waktu sekitar satu jam, baterai bisa terisi hingga 80 persen. (Kompas)

No comments:

Post a Comment