Tuesday, April 13, 2010

EV-neo, Skuter Listrik Honda untuk Disewakan




Honda Motor Co., Ltd. memperkenalkan prototipe skuter listrik kecil mutakhirnya yang diberi nama EV-neo. Karena daya tarik skuter listrik belum begitu tinggi, Honda merencanakan untuk menyewakannya kepada perusahaan yang membutuhkah layanan hantar (delivery). Program penyewaan dimulai Desember tahun ini.

Teknologi yang diandalkan Honda pada skuter, baterai lithium-ion dari Toshiba dan dan motor tanpa borstel (brushless). Kemampuan skuter ini, menurut Honda sama dengan sepedamotor dengan bermesin bensin 50 cc yang diproduksi secara massal. Termasuk kemampuan membawa muatan karena menggunakan motor listriknya menghasilkan torsi besar pada putaran rendah.

Dengan tema “tidak berisik dan bersih” skuter ini pernah dipamerkan Honda pada Tokyo Motor Show tahun lalu sebagai alat transportasi pribadi generasi baru. Dijelaskan pula, EGV-neo yang akan diproduksi secara massal masih dalam pengembangan.

Dimensi skuter listrik ini (mm): panjang 1.820, lebar 639 dan tinggi 1.066. Jarak tempuh untuk sekali isi baterai 30 km (jalan rata). Lama pengisian dengan listrik bertegangan 100volt 4 jam. Tampaknya, Honda harus mengembangkan pengisian yang lebih cepat lagi dan jarak tempuh yang makin panjang untuk sekali isi agar skuter ini makin menarik! (Kompas)

No comments:

Post a Comment