Tuesday, April 27, 2010

New Uno dari Fiat Dipasarkan 2012


Fiat Uno. Ya, kendaraan hatchback asal Italia itu pernah meramaikan bursa otomotif Indonesia. Yang terakhir dipasarkan oleh Federal Mobil—sebelumnya bernama Daha Mator—adalah Fiat Uno II Turbo pada awal 1990-an.

Senin (26/4/2010), Fiat menampilkan foto New Uno melalui internet. Kendaraan supermini (segmen B) ini berada di antara produk Fiat lainnya, yakni Panda dan Grande Punto. Dipasarkan dua tahun mendatang (2012), New Uno masuk dalam rencana lima tahun perusahaan.

Kehadirannya menggantikan Uno generasi sebelumnya dan Punto generasi kedua. Uno sendiri diproduksi pada 1983 dan penjualannya tergolong bagus. Demikian dikutip Autoevolution, Senin kemarin.

Dari segi desain, New Uno sangat dipengaruhi oleh Panda. Itu seperti tiga ventilasi udara di depan kap mesin. Pintu belakang dan lampu yang vertikal juga khas dari Panda. Hanya, tampilan bodi New Uno lebih kekar.

Panjang mobil yang 3,8 meter sama dengan Mazda2. Sumber dari majalah Autocar menyebutkan bahwa platform New Uno ini dari versi Grande Punto. Soal harga belum disebutkan.

Untuk proyek New Uno ini, Fiat akan menambah 1.000 tenaga kerja untuk menaikkan produksi 6 persen menjadi 3.200 unit per hari. (Kompas)

No comments:

Post a Comment