Thursday, October 29, 2009

Yamaha Siapkan Motor Hybrid


Dalam ajang Tokyo Motor Show 2009 Yamaha memajang satu motor konsep yang menggunakan mesin bensin dan listrik. Dan rencananya motor ini akan mulai diproduksi tahun depan.

Meski belum ada pernyataan resmi dari bos Yamaha di Jepang, namun motor konsep dengan nama HV-X ini menggabungkan antara baterai listrik bertenaga 15 kW dengan mesin 4-tak 250 cc.

Seperti dilansir Motorcyclenews, Kamis (29/10/2009), Yamaha menggunakan sistem start-stop engine pada motor hybridnya tersebut. Dengan teknologi ini, mesin konvensional akan otomatis mati apabila motor tidka bergerak. Peranannya pun digantikan baterai listrik.

Baterai juga tetap bekerja apabila motor berjalan dengan kecepatan rencah, misalnya pada keadaan lalu lintas macet. Tenaga yang dikeluarkan beterai listrik tersebut sanggup menggerakkan motor sejauh 12,5 Km.

Apabila baterai habis, maka otomatis mesin konvensional akan menyala. Dan selama mesin bensin ini bekerja, baterai melakukan isi ulang.

Belum dijelaskan berapa harga motor hybrid tersebut. Namun Yamaha menjanjikan akan memberi sedikit bocoran tahun depan. Tunggu saja! (Okezone)

No comments:

Post a Comment