Tuesday, September 18, 2012

Motorola Razr i, Ponsel Android "2GHz" Pertama di Dunia


Motorola Mobility akhirnya menggunakan prosesor berarsitektur Intel x86 untuksmartphone Razr i, yang resmi diumumkan Selasa (18/9/2012). Tak tanggung-tanggung, Motorola membekali kecepatan 2 GHz pada prosesor yang tertanam di Razr i.

Motorola Razr i bisa disebut smartphone pertama di dunia yang menggunakan prosesor dengan clock speed 2 GHz.

Prosesor Intel Atom Medfield pada Razr i ini berjenis single core, dan dibangun menggunakan proses fabrikasi 32nm. Meski hanya menggunakan prosesor single core, Motorola mengklaim kecepatan Razr i mampu mengalahkan smartphone dual core.

Untuk mengimbangi kecepatan prosesor yang besar, Motorola menggunakan baterai berkapasitas 2.000mAh, yang diklaim dapat menopang daya tahan selama 20 jam.
"Sebuah ponsel belum sepenuhnya disebut ponsel jika pemakaiannya hanya bertahan setengah hari," kata Vice President Senior Desain Motorola Mobility Jim Wicks.

Razr i memiliki bentang layar 4,3 inci dengan teknologi AMOLED QHD, dan berlapis kaca anti-gores Gorilla Glass. Ia berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich).
Kamera utamanya dibekali sensor 8MP yang mampu mengambil 10 foto sekaligus dalam hitungan detik. 

Motorola dan Intel mengklaim, daya tangkap kamera Razr i bekerja lebih cepat ketimbang kamera DSLR. Sedangkan kamera depannya bersensor 0,3MP.

Sebagai informasi, Intel sebagai raja prosesor untuk laptop dan PC, mulai tahun ini fokus ke pengembangan prosesor untuk perangkat mobile, smartphone dan tablet. Pasar prosesor mobile saat ini masih didominasi oleh prosesor besutan ARM dan Qualcomm. (Kompas)

No comments:

Post a Comment