Thursday, February 18, 2010

Lexus LS600h L, Sedan Pertama yang Bisa Parkir Sendiri


Lexus Indonesia resmi menghadirkan LS600h L sebagai kendaraan hybrid pertama di Indonesia yang menyasar segmen highend. Selain teknologi mesin ramah lingkungan, apa saja kelebihan dari sedan papan atas ini?

Tak dipungkiri, dari namanya saja LS600h L sudah mengindikasikan adanya sokongan teknologi hybrid. Dikombinasikan dengan mesin 5.0 liter V8 DOHC berkode 2UR-FSE, mungkin Lexus ini merupakan satu-satunya di dunia yang menggabungkan antara teknologi hybrid dengan mesin berkepasitas sebesar itu.

Hasilnya, selain mampu menghasilkan daya maksimum 394 dk pada putaran 6.400 rpm dan torsi maksimum 520 Nm pada 4.100 rpm lewat mesin konvensional berteknologi D-4S (Direct Injection 4-stroke petrol Superior version) serta dual VVT-iE (Variable Valve Timing - Intelligence Electric on Intake), hingga ACIS (Acoustic Control Induction System), sedan ini hanya meminum BBM 1 liter untuk 12,5 Km. "Mirip mobil-mobil ber-cc kecil keluaran Toyota," kata Lexus Indonesia Principal, Johnny Darmawan.

Terdapat motor listrik 3-phase permanent AC synchounous liquid cooled yang digunakan Lexus untuk LS600h L ini. Motor listrik tersebut beroperasi menggunakn arus 650 V yang disuplai dari Power Control Unit (PCU) sehingga ketika bekerja sendirian tanpa sokongan dari mesin konvensionalnya, motor listrik ini sanggup menyalurkan daya sebesar 221 dk dan torsi 30 Nm. Sedan seharga Rp2,7 miliar itu pun mampu berakselerasi nyaris tanpa suara.

Di jalan, sistem Lexus Hybrid Drive ini bekerja secara simultan dalam beberapa mode pengendaraan. Pada kecepatan rendah, beterai akan menyuplai arus kepada motor listrik yang berfungsi sebagai penggerak utama. Dalam kondisi pengendaraan normal, mesin V8 akan menyala dan langsung mengalirkan tenaga 5.000 cc miliknya untuk menggerakkan mobil, dan sebagian lagi disalurkan ke generator motor listrik. Ketika penegndara menjalankan mobil pada kecepatan penuh, tenaga mesin konvensional akan dibantu motor listrik yang memberikan sensasi berkendara sedan hybrid mewah yang tak ada di sedan premium lainnya.

Uniknya, mrip sistem yang terdapat pada Prius, saat pengereman, motor listrik berfungsi sebagai generator yang menangkap energi hasil pengereman dan mengubahnya menjadi arus listrik untuk disimpan sampai ketika mobil berjalan dengan berpenggerak motor listrik saja.

Bila pengemudi ingin terus menerus hanya menggunakan motor listirk, maka cukup operasikan di mode EV (Electric Vehicle), maka lampu indikator pada panel isntrumen akan menyala. Di panel ini pengemudi dan penumpang depan juga disajikan informasi mengenai status baterai dan proses regenerasi energi. Selain itu terdapat ECO Driving Indicator yang akan menyala ketika pengemudi menginjak pedal gas dengan lembut tanpa hentakan.

Itu disisi teknologi mesin. Pada eksterior, Lexus juga menerapkan satu sistem baru, yakni penggunaan lampu depan jenis LED. Susunannya berupa tiga LED berderet yang tersembunyi dibalik lensa lampu jauh dan sepasang LED dibalik silinder parabolik sebagai lampu utama. Selain lebih tahan lama dan membutuhkan energi yang lebih sedikit, lampu LED ini juga bisa memberikan cahaya putih mirip iluminasi siang hari, yang tentu saja membantu pencahayaan pengemudi ketika berkendara.

Asiknya, Lexus juga membenamkan teknologi front-lighting system, sebuah sistem yang mampu memutar lampu depan ketika mobil memasuki tikungan, persimpangan, ataupun tempat parkir. Dibawah kecepatan 30 km/jam, lampu akan memutar 10 derajat, sementara pada kecepatan diatas itu, lampu hanya memutar 7,5 hingga 15 derajat.

Masuk ke bagian kabin, konsumen LS600h L bukan hanya ditawarkan interior bernuansa elegan dengan paduan material nomor satu, tapi juga sebuah sistem parkir yang selama ini tidak ada pada mobil papan atas manapun yang ada di Tanah Air. Yaitu Intelligent Parking Assist (IPA).

Dengan IPA pengemudi tak perlu repot lagi memutar kemudinya ketika bermanuver untuk parkir mundur baik seri ataupun paralel. Cukup tentukan lokasi parkir melalui kamera belakang bersensor ultrasonik dengan menempatkan mobil pada jarak sekira 1 meter dari tempat parkir yang diinginkan, kemudian kalkulasikan sudut parkir yang dibutuhkan, maka ketika memasukkan gigi mundur dan mengaktifkan menu parkir seri ataupun paralel, maka mobil akan mundur secara otomatis dengan kecepatan 4 km/jam tanpa perlu kemudinya dipegang. Pengemudi cukup melepas atau menginjak pedal rem untuk mengatur laju mobil. Bila sistem ini ingin dinonaktifkan, tinggal injak pedal gas dan pegang kembali kemudi. Menyenangkan bukan!

Bila ingin menjadi penumpang, maka tak kalah istimewanya. Sebab Lexus mengkalim, tempat terbaik untuk merasakan LS600h L adalah pada jok belakang. Pada bagian ini, desain jok terpisah satu dengan lainnya. Bahkan kursi juga sanggup direbahkan seperti kursi pesawat kelas satu. Biar suasana juga lebih personal, ada AC 4 zone yang bisa diatur secara berbeda.

Penumpang belakang juga makin dimanjakan dengan kehadrian rear seat relaxation system. Artinya, dengan mengatur kontrol pada armrest, 8 ruang pneumatic dalam jok akan aktif memijat punggung penumpang belakang. Bila mau opsi shiatsu dan strech bisa pilih jok belakang bagian kiri, sementara ketika ingin dipijat dengan teknik vibrator dan pelvic support silahkan duduk di kursi belakang bagian kanan.

Kemewahan ini juga dituntaskan dengan sistem entertaiment lewat DVD Player yang dialirkan melalui 19 speaker Mark Levinson. Aksi pijat sambil menikmati video konser dari musisi jazz kenamaan dunia pun menjadi makin lengkap. (Okezone)

No comments:

Post a Comment