Sunday, March 7, 2010

Belum Diluncurkan, Nissan Leaf Sudah Dipesan 56.000 Unit


Belum resmi diluncurkan, mobil listrik Nissan Leaf sudah dipesan 56.000 unit di Amerika Serikat. Pabrikan mobil asal Jepang itu sudah pasang target ingin mendominasi pasar kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di dunia.

Carlos Ghosn, Pimpinan Nissan-Renault, menegaskan, Leaf akan menajdi pemain utama di pasar mobil listrik tanpa saingan. Saat ini, Nissan menjadi satu-satunya merek yang belum fokus menggarap pasar mobil hibrida.

Namun, dengan Leaf, Ghosn menegaskan akan memberikan alternatif kepada konsumen yang menginginkan produk ramah lingkungan. "Kami yakin pada 2011 akan menjadi satu-satunya yang ada di pasar. Benar-benar tanpa ada persaingan secara serius karena yang lain hanya datang dengan prototype dan menjadi kompetitor. Tapi, berapa besar kapasitas yang diproduksi, itu pertanyaannya," papar Ghosn seperti dikutip Leftlinenews.com, akhir pekan lalu.

Saat ini, lanjutnya, jumlah populasi mobil listrik di AS sangat kecil. Jumlahnya saat ini 3.000 unit dari total 200 juta unit yang ada di jalan. Dalam 10 tahun mendatang, komposisi akan berubah dan jumlah EV akan meningkat hingga 10 persen dari total populasi.

Leaf merupakan produk perdana Nissan di segmen EV dan akan mulai masuk produksi massal pada 2012 mendatang. Kapasitas produksi awalnya akan mencapai 500.000 unit per tahun untuk tiga pasar utama, yakni AS, Eropa, dan Jepang. Bahkan, di AS, tercatat 56.000 calon konsumen Leaf sudah antre menunggu kehadirannya. (Kompas)

No comments:

Post a Comment