Tuesday, March 5, 2013

Toyota Indonesia Giring Keluarga Muda Naik Etios Valco



Toyota Indonesia mencoba menggiring keluarga muda di seluruh Indonesia untuk beralih ke subkompak segmen A, dengan meluncurkan Etios Valco, awal pekan ini. "Pasar Etios adalah keluarga muda dengan 1-2 anak, yang pengeluarannya mencapai sekitar Rp10 juta per bulan," komentar Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta, kemarin (6/2/2013).
Target utama Etios Valco, lanjutnya,  konsumen usia 30-40 tahun, tinggal di perkotaan dan butuh kendaraan kecil yang metropolis. Latar belakang lahirnya Etios juga karena adanya tren kenaikan permintaan pada mobil kompak dalam beberapa tahun terakhir. Pangsa pasarnya bahkan mencapai 11 persen dari total penjualan mobil di Indonesia tahun ini, ditambah segmen B dan C.
"Etios berada di antara Yaris dan Agya," tegas Joko. Posisinya yang berdekatan dengan Yaris, diakui akan memicu pengalihan konsumen. Tapi, secara total penjualan kami pasti naik. Valco dipastikan mulai diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di pabrik Karawang, Jawa Barat, tahun ini.
Khusus Indonesia
Chief Engineer Etios, Akio Nishimura menjelaskan, Etios didesain 2006 untuk pasar India dengan memposisikannya sebagai mobil pertama (first time car) di segmen mobil kompak. Menyasar target keluarga, maka ruang kabin penumpang di baris kedua direkayasa jadi lebih luas.
Nishimura memastikan spesifikasi Etios Valco berbeda dengan model yang dipasarkan di India, terutama menyangkut tingkat kenyamanan dan standar keselamatan lebih tinggi. "Airbag tidak hanya satu tapi dua, di sisi pengemudi dan penumpang," jelasnya. Valco, lanjutnya, juga sudah mengadopsi kelengkapan keselamatan yang mampu mengurangi dampak benturan keras terhadap manusia ketika terjadi tabrakan. Tak ketinggalan, jarak pijak Valco 170 mm, disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia. (Kompas)

No comments:

Post a Comment