Monday, March 4, 2013

Toyota i-Road, Seefisien Motor Senyaman Mobil

detail berita

Sebuah Personal Mobility Vehicle (PMV) hasil kreasi Toyota yang diberi nama i-Road menjalani debutnya di Jenewa Motor Show 2013.
 
Unit ini adalah konsep terbaru dari Toyota selama lebih dari 40 tahun riset dan pengembangan pada kendaraan hemat energi. Kendaraan berdimensi kecil, ramah lingkungan, sekaligus mudah digunakan sehari-hari secara personal. Toyota i-Road adalah hasil terdekat dari tujuan menciptakan Eco Cars.
 
i-Road hadir dengan penggerak listrik, berwujud ringkasi dengan tiga buah ban. Pengemudi tidak perlu menurunkan salah satu kaki dalam menjaga keseimbangan. Baterai yang digunakan adalah lithium-ion untuk menggerakan 2KW mesin yang dipasangkan di roda depan. Pengisian baterai selama tiga jam, dengan daya jelajah mencapai 30 mil (48,2 km).
 
Berdimensi panjang 2.350mm, tinggi 1.445mm, dan jarak sumbu roda 1.700mm. Lebarnya hanya 850mm, tidak lebih besar dari sepeda motor biasa. Ini menjadikannya sangat mudah bermanuver di kota dan juga mencari lahan parkir.
 
Toyota i-Road dapat membawa dua orang penumpang, posisinya berada di bawah atap pelindung, layaknya sebuah kabin. Memungkinkan penumpangnya tidak memerlukan helm seperti menaiki sebuah motor.
 
Fungsinya pun lebih mirip sepeda motor karena irit bahan bakar, mudah untuk parkir, dan gampang dipakai berpergian. Namun Toyota i-Road memiliki kelebihan di tingkat kenyamanan. Kedua penumpangnya terlindung dari faktor cuaca. Fitur Active Clean secara otomatis akan mengatur titik keseimbangan dan akan memudahkan ketika bermanuver ataupun berkendara ketika hujan.
 
Toyota memprediksi i-Road akan berperan penting untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara. Berbeda dengan transportasi massal, kendaraan ini dapat menjawab pertanyaan akan kebutuhan transportasi dengan jarak dalam perkotaan. (Okezone)

No comments:

Post a Comment