Sunday, February 5, 2012

Lensa Kontak Masa Depan Dilengkapi Fitur 3D


Lensa kontak yang menampilkan layar 3D langsung ke bola mata penggunanya, saat ini sedang dikembangkan perusahaan Innovega. Perangkat tersebut rencananya akan dipasarkan pada awal 2014.

Lensa kontak tersebut bekerja dengan sepasang kacamata ringan yang memiliki lensa tembus pandang. Menurut CEO Innovega Steve Willey, pengalaman memakai lensa kontak tersebut setara dengan menonton televisi 240 inci dari jarak 10 kaki (3 meter). Demikian dilansir Dailymail, Senin (6/2/2012).

Perangkat mutakhir itu dapat dipasangkan dengan smartphone dan perangkat game portabel untuk menampilkan video close-up, atau beralih ke pandangan augmented reality, sehingga bisa menampilkan informasi komputer yang berlapis-lapis dalam pandangan penggunanya.

Tidak seperti headset virtual reality sebelumnya yang berukuran besar dan hanya dapat dipakai sambil duduk, perangkat ini dapat digunakan sambil bergerak. Efeknya mirip dengan yang lensa dipakai Tom Cruise dalam film Minority Report.

Selain itu, perusahaan Innovega juga mengembangkan lensa berteknologi tinggi untuk militer Amerika Serikat (AS). Lensa yang sedang dikembangkan itu bertujuan untuk menampilkan informasi medan perang, langsung ke mata prajurit.

Sedangkan bersama dengan DARPA, perusahaan tersebut saat ini sedang mengerjakan lensa iOptik, yang dibuat dengan teknologi nano-scale sehingga bisa membuat ukuran kacamata kreasi Innovega lebih ramping dari kacamata berteknologi tinggi yang dibuat sebelumnya.

"iOptik Innovega adalah lensa kontak yang meningkatkan penglihatan normal dengan memungkinkan penggunanya melihat gambar virtual dan augmented reality (menambahkan gambar atau informasi tanpa mengganggu pandangan) tanpa membutuhkan alat berukuran besar." kata DARPA.

"Ketimbang memakai helm virtual reality berukuran besar, gambar digital diproyeksikan ke layar kecil penuh warna yang berjarak sangat dekat dengan mata," tambahnya. (Okezone)

No comments:

Post a Comment