Wednesday, July 18, 2012

Kia Quoris untuk Pasar Global








Kia mengumumkan sedan mewahnya, Quoris akan dijual untuk pasar global pada kuartal empat 2012. Di negeri asalnya bernama K9 dan baru diluncurkan Mei lalu. "Quoris gabungan dari kata dalam bahasa Inggris 'core' (inti) dan 'quality' (kualitas) yang mengandung arti mobil ini adalah soliditas, kualitas, kemawahan dan teknologi tinggi," jelas Thomas Oh, Executive Vice President & COO International Business Division Kia, dalam rilis resmi yang dikeluarkan, kemarin (18/7).
SpesifikasiDari tampilan dan ukuran, Quoris dan K9 sama dan keduanya dikembangkan dari sedan Hyundai Genesis dan Equus. Dimensinya cukup bongsor, panjang 5,090 mm, lebar 1,900 mm, tinggi 1,490 mm dan jarak poros roda 3,045 mm. Kepala Desain Kia, Peter Schreyer menjelaskan dalam acara peluncurannya Mei lalu, desain K9 menawarkan sesuatu yang elegan namun tetap sederhana dan proporsional. "Harmonisasi diperoleh dari dimensi besar dengan sosok yang sporti," beber Peter.
Kia menyediakan dua mesin berbeda kapasitas dan tenaga, masing-masing  3,3-liter V6, 300 PS dan 3,8-liter 333 PS yang dikawinkan dengan transmisi 8-percepatan otomatis untuk menyalurkan tenaga ke as roda belakang. Kenyamanan makin mantap karena mobil ini dilengkapi dengan suspensi udara. Pengemudi bisa memilih empat mode: Eco, Normal, Sport and Snow, untuk memperoleh peredaman suspensi, setir, mesin dan transmisi. Kinerja mobil bisa disesuaikan dengan kondisi jalan yang berbeda-beda.
Perangkat Keselamatan
"Quoris mengadopsi beberapa fitur keselamatan aktif tercanggih yang belum pernah dimiliki sebelumnya seperti advanced smart cruise control (ASCC)," papar Chang-Ki Kang, Senior Vice President Kia Namyang R&D Center. Fitur tersebut bisa mendeteksi jarak dengan mobil di depannya dengan mengatur kecepatan dan bisa mengerem bila jarak kian dekat. Saat mobil depan berhenti kurang dari 3 detik kemudian kembali jalan, maka sistem akan memberikan perintah serupa untuk kembali bergulir. Jika berhentiterlalu lama, maka kendali kembali ke pengemudi. Sensor yang terbenam di bemper depan mampu mendeteksi hingga 174 meter.
Selain ASCC, juga ada Advanced Vehicle Safety Management (AVSM) yang mengawinkan beberapa fitur keselamatan di dalam mobil seperti kontrol stabilitas (ESC), pre-safe belt (PSB) dan sistem peringatan berganda. Lalu, ada 3 peringatan berdasarkan besarnya antisipasi kecelakaan yang dilakukan. Pertama, peringatan berupa alarm. Kedua,  tanda bahaya yang muncul dari layarhead up display dan LCD di tengah dasbor. Ketiga, indikator sabuk keselamatan di panel meter berkedip terus menerus.
Fitur keselamatan lainnya adalah lampu LED adaptif, Lane Departure Warning System (LDWS),radar-based Blind-Spot Detection (BSD) dan Around-View Monitor (AVM) dengan empat kamera.
Fitur Kenyamanan
Kelengkapan lain, monitor LCD Thin Film Transistor (TFT) 12,3 inci, monitor ganda 9,2 inchi untuk penumpang belakang,17-speaker Lexicon (Harman).  Tak ketinggalan, paket spesial VIP, jok dengan penghangat dan ventilasi udara yang bisa rebahkan, sandaran kaki dan jok di samping supir yang bisa dilipat bila tidak digunakan. (Kompas)


No comments:

Post a Comment