Thursday, July 5, 2012

Apple Belum Tersaingi di Pertarungan Laptop Tipis 2012

detail berita
Banyak vendor notebook yang dengan agresif menginvestasikan sumber daya miliknya untuk mengembangkan notebook dengan body ultra tipis. Namun, menurut sebuah riset, vendor-vendor tersebut dikatakan belum berhasil berkompetisi dengan Apple.

Diwartakan Digitimes, Kamis (5/7/2012), riset tersebut ditunjukkan oleh analis senior di Digitimes Research, Joanne Chien. Menurutnya, MacBook Air dari Apple telah mencapai 50 persen dari jumlah total pengapalan notebook ultra tipis secara global. Hal itu dicapai pada kuartal kedua 2012.

Sementara itu, di kuartal keempat tahun ini, MacBook Air diperkirakan masih akan melebihi jumlah pengapalan ultrabook dan notebook ultra tipis dari berbagai vendor selain Apple. Bahkan, ketika jumlah pengapalan vendor-vendor lain itu ditotal.

Pada Juni lalu, pengapalan Toshiba dan Hewett-Packard (HP) hanya sedikit dan menyebabkan enam vendor global teratas hanya mengalami pertumbuhan 2 persen per bulan. Namun tiga teratas original design manufacturers (ODM) notebook, di sisi lain, diperkirakan tumbuh sekira 21 persen dalam pengapalan Juni.

Microsoft berencana merilis upgrade Windows 8 murah untuk meningkatkan permintaan notebook. Namun, proyek ini tampaknya belum berhasil dengan baik seperti yang diharapkan. Enam vendor notebook teratas di tingkat global diperkirakan hanya naik 1,3 persen pada kuartal dua, lebih rendah dari tahun lalu. (Okezone)

No comments:

Post a Comment