Tuesday, January 29, 2013

BMW R1200, Agresif dan Futuristik




Pada 1928, Ernst Henne membeli BMW R37. Kemudian ia berpikir, sangat bagus jika sepeda motor itu ditambahi supercharger. Setelah diwujudkan, pria tersebut memecahkan 76 rekor, termasuk menjadi sepeda motor tercepat di dunia saat itu, 216 kpj.

Lebih dari 80 tahun kemudian, konsep serupa digagas kembali oleh desainer Australia, Tim Cameron. Ia mengenalkan konsep sepeda motor dengan grafis dan spesifikasi BMW R1200 GS dengan sebutan Supercharger Concept. Selain tambahan supercharger, kapasitas mesin dinaikkan menjadi 1.500 cc. 
Mesin BMW R1200 dikenal bandel dan bertenaga. Model cruiser sudah beredar dengan varianadventure R1200GS. Performa mesinnya membuat Cameron tergoda memodifikasinya menjadi lebih dahsyat dengan sosok bodi semakin sporti.

Tambahan kompresor membutuhkan ruang lebih besar.  Mesin sedikit dimiringkan ke atas dengan sudut 30 derajat (lihat foto). Juga dipasang pendingin oli di samping dan ruangan untuksupercharger di atas mesin.  

Sepeda motor ini juga dirancang ulang dengan sosok agresif dan futuristik. Garis bodinya mencerminkan kombinasi antara modernitas, elegan dan kekuatan. Sementara mesin bisa menyeburkan tenaga sapai 200 PS! (Kompas)


No comments:

Post a Comment