Thursday, November 29, 2012

Skuter Listrik Smart Dibikin di Amerika



Daimler AG yang membawahi Smart menunjuk Vectrix—produsen sepeda di Middletown, Rhode Island, Amerika Serikat—berkolaborasi memproduksi skuter listrik dan akan diberi nama eScooter pada 2014. Skuter ini diperkenalkan pertama kali pada Pameran Mobil Paris 2010 sebagai konsep. Kini sudah saatnya dikembangkan menjadi kendaraan urban ramah lingkungan.

Vectrix Corporation sempat dilanda krisis pada 2009 dan terkena Chapter 11, dinyatakan bangkrut oleh Pemerintah AS. Selama dalam pengawasan pemerintah, lahirlah New Vectrix LLC di awal 2010. Setelah itu, Vectrix menggeliat dan memenangi European e-Scooter Award dengan produk VX-1 Li/L.

”Smart dan Vectrix menjadi pionir untuk membuat kendaraan listrik di Amerika Serikat. Skuter Smart akan benar-benar pintar dan menjadi ikon transportasi urban, sama seperti Smart ForTwo,” terang Dr Anette Winkler, Head of Smart, dalam pernyataan resminya.

Humas Smart sudah beberapa kali menayangkan teaser skuter listrik ini ke publik di sejumlah media, dan menyebutkan bahwa era baru skuter telah datang.

Dukungan dari Daimler AG sangat penting, mengingat produsen utama sepeda motor, seperti BMW dengan C-evolution, atau trio Jepang yaitu Honda, Yamaha, dan Suzuki juga punya andalan untuk dipasarkan pada tahun yang sama. (Kompas)

No comments:

Post a Comment