Wednesday, November 14, 2012

Ducati Hypermotard 2013 Usung Mesin Baru



Ducati memperkenalkan model terbarunya Hypermotard edisi 2013 di ajang Milan Motorcycle Show (EICMA) yang tengah berlangsung di Kota Mode, Italia. Moge bergaya crosstour ini  dibekali mesin baru 821cc berpendingin cairan yang merupakan pengembangan terbaru dari teknologi Testastretta V-Twin.
Sepeda motor perpaduan motorcoss dan supermoto ini menggantikan dua model sekaligus Hypermotard 796 dan 1100. Ada tiga pilihan gaya berkendara, yakni Sport, Turing dan Urban. Setiap tipe berkendara punya karakteristik yang beda-beda, terutama pada pemetaan ECU dan pembatas kinerja mesin (engine limitter). Model Sport menghasilkan tenaga 108PS pada 9.250 rpm, Turing 110PS, sedangkan Turing cuma 74 PS.
Untuk Hypermotard 2013 ini, Ducati merevisi posisi duduk pengendara yang kini diklaim lebih baik, khususnya dalam hal pengendalian sepeda motor. Setang agak lebih tinggi dan maju ke depan dan pijakkan kaki dimajukan. Bagian kaki-kaki, dilengkapi dengan suspensi terbalik (upside-down) dari Kayaba 43 mm dan sok tunggal dari Sachs 170 mm di belakang yang bisa disesuaikan kekerasan pantulannya. Semua varian Hypermotard dilengkapi fitur keamanan standar seperti rem ABS dan traction control.
Varian SP
Pada waktu yang sama, Ducati juga menawarkan varian lain Hypermotard SP yang punya spesifikasi di atas tipe standar. Dari kelirnya  beda, varian SP mengombinasikan putih, merah dan hijau, membuat sepeda motor ini lebih sporty. Pilihan gaya berkendaranya juga lain, ada Race bertengara 108 PS, Sport 108 PS dan Basah (Wet) 75 PS disadur dari Ducati Panigale.
Kaki-kaki varian ini juga lebih mewah, menggunakan garpu depan 50 mm dari Marzocchi yang bisa disetel tingkat kekerasannya. Sok belakang mengandalkan pasokan Ohlins 185 mm juga bisa disetel. Perbedaan lain, pelek lebih ringan dengan desain palang tiga dari Marchesini, sedangkan tipe standar pake palang 10.
Setang dari aluminium, spatbor depan serat karbon, fairing dan rem depan punya lima penyetelan tingkat kekerasan. Bobotnya 427,7 pound (194 kg) dengan ketinggian jok 35 inci, sedangkan tipe standar 436,5 pound (197,9 kg) dengan jok 34,2 inchi. Ducati juga melepas varian baru Hyperstrada yang merupakan perkawinan silang antara Hypermotard dan Multistrada. (Kompas)

No comments:

Post a Comment